tugas mahasiswa

Kuliah pagi, dosennya killer, tugas kuliah pun belum selesai. Hayo, ada yang familiar dengan situasi kaya gini? Well, jangan merasa jadi mahasiswa paling merana sedunia ya, karena banyak juga kok yang mengalami hal yang sama. Inilah fase dimana kamu belajar untuk menghadapi yang namanya deadline tugas kuliah. Karena nanti ketika memasuki dunia kerja pun kamu akan lebih sering dihadapkan dengan deadline pekerjaan yang lebih banyak dan dijamin lebih jelimet. Jangan sampai kita selalu menerapkan teknik SKS alias sistem kebut semalam karena nggak baik juga loh untuk kesehatan. Dan satu hal yang harus kita sadari, itu semua terjadi karena kurangnya kemampuan kita untuk memanajemen waktu dengan baik.

Masa perkuliahan itu biasanya kita dihadapkan pada 3 situasi dan kondisi yang harus berjalan secara beriringan yaitu hadir di kelas untuk sesi tatap muka dengan dosen, tugas kuliah yang datang silih berganti dan kegiatan organisasi yang juga banyak menyita waktu. Umumnya, ada 2 tipe mahasiswa nih, yang pertama tipe kupu-kupu alias kuliah pulang-kuliah pulang yang fokusnya cuma belajar dan belajar. Dan yang kedua, tipe yang aktif dalam organisasi. Nah, mau tipe apapun, ini nih satu habit mahasiswa kebanyakan yang selalu mengandalkan the power of kepepet.  Jadilah, pilihan begadang menjadi jalan keluar pintas yang pastinya bikin stress dan pastinya lambat laun akan mempengaruhi kesehatan tubuh.

tugas mahasiswa
sumber gambar: pixabay

Meredakan Stress Akibat Tugas Mahasiswa Yang Menumpuk

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam menghadapi tekanan, kamu tinggal pilih deh mana yang sesuai sama kepribadianmu. Saat tugas kuliah datang bertubi-tubi, satu hal yang harus kamu lakukan ya membuat skala prioritas tugas mana yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu dan kembalikan ke hakikatmu sebagai mahasiswa yang memang tugas utamanya adalah belajar dan mencari ilmu sebanyak mungkin.  Satu tips jitu untuk meredakan stress adalah dengan memberikan diri kita sedikit waktu jeda biar pikiran kita lebih rileks dan fresh.

Mendengarkan Musik

One good thing about music, when it hits you, you feel no pain. Quote yang menarik dari Bob Marley ini bisa jadi satu tips untuk meredakan stress saat tugas kuliahmu lagi numpuk. Nada dan ritme music dipercaya memberikan efek positif terhadap kesehatan diantaranya menurunkan tekanan darah dan denyut jantung, serta meningkatkan kemampuan mengingat, belajar dan berpikir. Terapi music seringkali digunakan tenaga kesehatan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan kondisi emosional seseorang karena dapat memberi efek relaksasi. Coba deh, putar lagu-lagu favoritmu dan nikmati waktu break kamu biar lebih fokus dan lebih tenang. Begitu moodmu mulai balik lagi, kerjakan dulu tugas kuliah yang deadlinenya paling dekat.

Menikmati Secangkir Kopi/Teh

Seiring menjamurnya kedai kopi susu, sejenak melepaskan penat dari rutinitas tugas kuliah sebagai mahasiswa bisa kamu lakukan sambil menikmati segelas kopi dingin dengan iringan musik yang easy listening. Tapi, pastikan kamu tidak minum kopi secara berlebihan ya karena mengkonsumsi kopi di atas jam 2 siang bisa mengganggu pola tidurmu yang malah bisa berakibat tubuh semakin merasa kelelahan. Bagi kamu yang tidak suka kopi, kamu juga bisa memilih teh untuk memberikan efek relaksasi. Bahkan, jika kedai kopinya cukup cozy, kamu bisa menikmati teh/kopimu sambil mengerjakan tugas kuliahmu.

Tidur

Jika pikiran kita terlalu penat, maka cobalah sekedar tidur sejenak untuk membuat tubuhmu kembali fresh. Banyak orang menyepelekan pentingnya tidur ditengah padatnya aktifitas dan tugas sehari-hari. Padahal, ketika kita tidur kerja otak akan melambat yang akan membuat tubuh kita menjadi rileks. Ketika terbangun dari fase tidur yang nyenyak, kita akan menemukan kembali mood untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah satu persatu.

Melakukan Olahraga Ringan

Salah satu cara paling murah dan mudah untuk meredakan stress menghadapi berbagai tugas kuliah sebagai mahasiswa adalah dengan berolahraga. Jogging salah satunya, cukup dengan modal sepatu dan kaos olahraga. Perlu dicatat bahwa tujuan kamu berolahraga adalah untuk sekedar melepaskan penat, jadi nggak perlu terlalu lelah ya. Sehabis olahraga ringan, kamu akan merasakan tubuhmu menjadi segar. Itulah saat yang tepat untuk kembali mengerjakan tugas-tugasmu yang menumpuk.

Pastinya, kamu sebagai mahasiswa sangat menanti-nantikan masa dimana akhirnya kamu lulus kuliah dan bisa terjun ke dunia kerja kan. Nah, disinilah pentingnya untuk selalu memastikan kehadiranmu di kelas mencukupi syarat kelulusan mata kuliah tersebut. Selain itu, tugas-tugas kuliah yang kamu kerjakan pun bisa jadi berpengaruh terhadap nilai akhirmu diluar nilai ujian semesteran. Jadi, jangan sampai akibat kelalaianmu dalam melakukan manajemen waktu yang baik, kamu jadi asal-asalan dalam mengerjakan tugas kuliahmu. Atau bahkan lebih parah lagi, jangan sampai masa kuliahmu jadi terpaksa mundur dari yang seharusnya akibat terlalu menggampangkan tugas mahasiswamu.  Apalagi amit-amit kalo sampai Drop Out alias nggak lulus kuliah.

Terkadang, karena merasa sudah lelah mengikuti mata kuliah dari pagi sampai siang, kita sebagai mahasiswa selalu senang menunda untuk mengerjakan tugas kuliah. Dan, virus malas memang paling sering ya menyerang siapa saja, nggak terkecuali kita sebagai mahasiswa. Tapi, kebayang nggak kalo kita terburu-buru mengerjakan tugas kuliah biasanya kita tugas yang kita kerjakan pun hasilnya kurang baik, kita tidak memiliki kecakapan untuk menganalis dan berpikir sistematis yang memang merupakan skill yang wajib dimiliki seorang mahasiswa. Bahkan, bisa-bisa kita terkena kasus plagiarisme akibat kurangnya waktu untuk riset dan mengumpulkan bahan-bahan tugas yang lebih mumpuni. Duh, jangan sampe dong ya hal seperti ini terjadi!

Outfitpria.com memiliki beberapa tips untuk membantu kamu lebih disiplin dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliahmu.

Buat Jadwal Dan Skala Prioritas

Setiap kali mendapatkan tugas kuliah, pastikan kamu mencatatnya dalam agendamu. Kalo kamu tipe yang nggak suka mencatat di agenda, kamu juga bisa loh menggunakan smartphonemu dan jangan lupa juga kasih reminder untuk mengingatkan. Nah, kalo sudah begini dijamin deh kamu nggak akan merasa tugas-tugas kuliahmu menumpuk dan menjadi beban. Buat kamu tipe mahasiswa yang super aktif, coba buat skala prioritas saat banyak tugas-tugas kuliah yang pastinya harus kamu dahulukan dibandingkan kegiatan-kegiatan organisasi.

Kerjakan Tugas Kuliahmu Sendiri

Kalo memang bukan tugas berkelompok, ada baiknya kamu hindari deh mengerjakan tugas bareng teman-temanmu. Karena, terkadang ada saja gangguannya. Bukannya mengerjakan tugas, kamu malah terlena untuk ngobrolin hal-hal yang nggak penting. Mengerjakan tugas kuliahmu sendiri akan membuatmu fokus pada tugas yang harus kamu selesaikan. Nah, kalo sudah beres semua baru deh kamu boleh hang-out untuk melepaskan penat.

Cobalah Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro ini berasal dari Italia dan terbukti ampuh untuk membuatmu fokus dan konsentrasi. Untuk melakukan teknik ini, kamu akan membutuhkan bantuan stopwatch di jam tanganmu atau bisa juga pakai aplikasi di smartphonemu. Set timermu selama 15 menit dan fokus mengerjakan tugasmu. Begitu waktunya habis, kamu boleh istirahat sebentar selama 5 menit.  Lakukan sesi seperti tadi berulang kali sampai akhirnya tugasmu selesai. Simpel banget kan?

Jadi, sekarang sudah nggak ada alasan lagi kan untuk menunda-nunda tugas kuliahmu sebagai mahasiswa. Yakin deh, kalo kamu konsisten untuk disiplin dan menerapkan manajemen waktu yang baik setiap kali ada deadline kamu pasti akan siap terjun ke dunia kerja selepas lulus kuliah nanti.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: