Idealnya, kita melalui fase kuliah terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia kerja. Tapi, terkadang rejeki dan kesempatan biasanya datang tanpa terduga. Ada beberapa mahasiswa yang mendapatkan peluang untuk kuliah sambil kerja. Hal ini tentu saja merupakan sebuah tantangan di tengah dinamika kehidupan kuliah yang sudah menyita waktu dan tenaga terlebih dahulu. Kuliah sambil kerja juga bisa menambah pengalaman kerja dan merupakan sebuah nilai tambah ketika kamu nanti sudah lulus kuliah dan terjun sepenuhnya ke dunia kerja. Ibarat lomba lari, kalian layaknya orang-orang yang maju lebih dulu di garis start.

Kuliah sambil kerja itu berat, maka dari itu hanya segelintir orang saja yang sanggup menjalaninya. Satu kata untuk kalian yang memutuskan untuk menjalani aktifitas kuliah sambil kerja, kalian LUAR BIASA! Tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan pertimbangkan sebelum memutuskan untuk kuliah sambil kerja.

Kerja Paruh Waktu

Kuliah semester akhir biasanya kamu akan disibukkan dengan proses penyusunan skripsi sebagai syarat lulus kuliah. Tapi, di satu sisi kamu juga akan punya cukup waktu luang untuk bisa mencoba kerja paruh waktu. Dengan memilih pekerjaan paruh waktu, kamu akan tetap memiliki waktu untuk tetap menjalankan tugas utama sebagai mahasiswa yaitu kuliah. Tapi, disini kita dituntut untuk memiliki manajemen waktu yang baik untuk tetap bisa menyelesaikan tugas kuliah dan tugas kantor secara bersamaan.

Maksimalkan Bakat dan Passion

Memilih jenis pekerjaan sambil kuliah sebaiknya yang bisa membantu kamu mengembangkan potensi dan bakat yang kamu miliki. Misalnya, bagi kamu yang suka dan memiliki passion dalam menulis, pilihlah pekerjaan online sebagai penulis artikel. Kumpulkan portfolio sebanyak mungkin dengan ikut grup-grup pekerjaan online khususnya content writer. Kalo kamu merasa punya taste fotografi yang mumpuni, kamu juga bisa loh menawarkan jasa pemotretan produk atau foto pre-wedding atau bahkan jasa untuk foto-foto di sosial media. Karena orang jaman now itu memang suka banget posting foto-foto bagus di sosial medianya. Hal ini merupakan sebuah peluang buat kamu yang masih berstatus mahasiswa tapi ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Punya Mental Baja

Sebelum memutuskan untuk kerja sambil kuliah, kamu harus punya motivasi yang jelas. Jangan pernah sekali-kali kamu latah dan hanya ikut-ikutan ya karena tuntutan kerja itu berat. Bisa jadi, terkadang kamu akan dituntut untuk lembur tanpa peduli tugas kuliahmu juga lagi banyak-banyaknya. Disinilah mental kamu benar-benar diuji. Kamu harus jadi mahasiswa yang anti panik panik club. Karena begitu kamu panik yang ada malahan semuanya berantakan. Kuliah keteteran, kerjaan pun terbengkalai. Duh, jangan sampe kaya gini ya.

Suka Dukanya Kuliah Sambil Kerja

Memang sih, kuliah sambil kerja ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Banyak banget suka dukanya yang pastinya akan membantu membentuk pribadi kamu untuk mencapai kesuksesan karir saat kelak lulus kuliah. Selain menguras otak, kerja sambil kuliah juga pastinya akan banyak menyita waktu dan tenagamu juga. Tapi, percaya deh nantinya kamu akan bersyukur bisa melalui masa-masa seperti ini.

Tertidur Di Kelas Saat Kuliah

Ini dia nih masalah klasik yang biasanya akan terjadi kalo kamu memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Saking lelahnya, bisa-bisa kamu tanpa sadar ketiduran saat kegiatan kuliah berlangsung. Walaupun, terkadang banyak juga sih mahasiswa yang nggak kuliah sambil kerja, tapi ada aja yang suka ketiduran di kelas. Ini sih biasanya karena kebiasaan begadang atau kerja dengan sistem SKS alias sistem kebut semalam. Apalagi kalo load kerjaan lagi banyak dan di saat bersamaan tugas kuliah juga lagi numpuk.

Dilema Mau Ke Kantor, Tapi Dosen Tiba-tiba Masuk Kelas

Situasi yang kaya gini dijamin bakal sering kamu temuin nih. Tadinya di grup WA kampus infonya dosen nggak jadi masuk kelas. Langsung deh, tenang kan nggak ada beban mau ke kantor. Eh, tiba-tiba kamu dikabarin lagi sama temen kampus kalo dosennya ternyata jadi datang plus mau kuis pula. Mau nggak mau jalanin plan B kan, kasih kabar ke atasanmu dikantor untuk ijin datang telat karena ada kuis di kampus dan langsung deh gas menuju kampus. Walaupun lagi buru-buru, selalu utamakan keselamatan ya guys.

Kehilangan Moment Nongkrong Sama Teman

Pastinya akan ada harga yang harus kamu bayar ketika memutuskan untuk kuliah sambil kerja. Di saat teman-teman kamu bisa dengan leluasa hang out selepas pulang kuliah, kamu harus berjibaku dengan kewajiban perkerjaan kamu di kantor. Hiks, yang sabar ya guys, nanti semua akan indah pada waktunya kok.

Ngerjain Tugas Kuliah di Kantor atau Sebaliknya

Saking hecticnya sama urusan kuliah dan kerjaan yang terkadang deadlinenya bersamaan, kamu pasti akan merasakan momen-momen dimana kamu ngerjain tugas kuliah di kantor dan sebaliknya. Siap-siap aja dikepoin sama temen kampusmu kamu tuh lagi sibuk ngerjain apa sebenarnya. Tapi, nanti ini bisa jadi salah satu keunggulan kamu loh karena kamu jadi lebih dulu paham tentang dinamika dunia kerja dibanding teman-teman seangkatanmu.

Kamu harus memberikan apresiasi juga untuk diri sendiri karena memutuskan untuk kuliah sambil kerja itu bukan hal yang mudah. Jangan sampai kamu merasa minder karena tidak bisa menikmati masa-masa indah saat kuliah. Banyak juga hal positif yang akan memperkaya pengalaman hidup kamu loh. Kamu akan memiliki banyak relasi dan kolega yang nantinya akan sangat berguna ketika kamu sudah resmi sepenuhnya masuk ke dunia kerja. Kamu juga akan terbiasa untuk lebih cermat dalam mengatur keuangan karena harus membagi waktu antara kerjaan dan kuliah. Dan mungkin kamu nantinya akan lebih bangga sama dirimu sendiri ketika akhirnya gelar sarja berhasil kamu raih sambil tetap bekerja. Seiring waktu, kamu pun pasti akan lebih cakap dalam hal manajemen waktu karena terbiasa dengan beban deadline kuliah dan kantor yang terkadang datang bersamaan. Berikut beberapa tips untuk menerapkan manajemen waktu buat kamu yang memutuskan kuliah sambil bekerja.

Biasakan Membuat Agenda

Mulai sekarang, biasakan membuat catatan-catatan penting di buku agendamu. Atau kamu yang anak gadget banget bisa loh memanfaatkan smartphone kamu untuk mencatat jadwal meeting, jadwal deadline kantor dan kuliah. Gunakan fitur reminder untuk membantumu mengingatkan agenda kegiatan yang harus kamu selesaikan, sebaiknya H-1 sehingga tugas-tugasmu bisa selesai tepat waktu. Disini juga kamu bisa belajar untuk membuat skala prioritas mana yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu.

Manfaatkan Waktu Luang

Saat jeda waktu antar mata kuliah yang satu dengan lainnya bisa kamu maksimalkan untuk mengerjakan pekerjaan kantormu. Memang sih, kamu harus rela berkorban untuk nggak nongkrong dulu sama teman kampus. Karena kinerjamu juga pastinya akan dinilai loh sama atasanmu walaupun kamu masih berstatus mahasiswa. Atau, jika tugas-tugas kantormu sudah selesai, kamu pun bisa meluangkan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahmu saat ada waktu luang. Dengan manajemen waktu seperti ini, kamu tetap bisa menikmati waktu istirahatmu di akhir pekan. Hidup itu tetap harus seimbang ya guys. Work hard, play hard.

Gunakan Teknologi

Di era teknologi 4.0 ini, sepertinya semua orang sudah memanfaatkan teknologi. Tidak terkecuali kegiatan perkuliahan. Dibanding kamu mencatat atau menulis materi-materi kuliah, akan lebih efisien jika kamu bisa mendapatkan bahan soft copy materi kuliahmu dari dosen pengajar. Nah, dengan begini kamu bisa mempelajari materi kuliahmu dimanapun, termasuk saat ada waktu luang dikantor. Berikan penjelasan dan minta keringanan sama atasanmu di kantor saat lagi memasuki masa-masa ujian. Mereka biasanya akan memaklumi karena kan mereka juga pernah mengalami rasanya jadi mahasiswa.

Nah, kalo kamu sudah mengetahui dan fasih tentang cara manajemen waktu yang baik, seharusnya sih tidak akan ada satu hal yang dikorbankan baik kuliah ataupun urusan pekerjaan. Dan, satu hal yang wajib kamu ingat adalah kamu harus tetap memprioritaskan urusan pendidikan terlebih dahulu. Karena pendidikan nantinya akan bisa mendongkrak karir kamu di masa depan. Jadi, tetap semangat dan selamat berjuang menikmati kuliah sambil bekerja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: