Rocker juga manusia. Ini adalah salah satu lirik dari lagu yang dipopulerkan oleh grup musik Serieus pada tahun 2005. Mungkin pesan yang ingin disampaikan lewat lagu ini bahwa orang seringkali menganggap para musisi dan pecinta musik rock identik dengan kepribadian yang penuh amarah dan agresif. Padahal, mereka juga layaknya manusia biasa yang bisa jatuh cinta, baperan bahkan patah hati. Kalo kata anak-anak jaman now, muka Rambo hati Rinto.

Musik rock merupakan salah satu genre musik yang populer di dunia. Umumnya, karakteristik musik rock banyak didominasi oleh instrumen gitar, drum, bass dan vokal. Seringkali juga musik rock dilengkapi dengan tambahan instrumen keyboard dan synthesizer. Satu karakteristik yang kuat dari musik rock adalah suara gitar listriknya yang khas.

Karakteristik Musik Rock Dibanding Genre Musik Lain

Tahu nggak sih guys, ternyata genre musik rock ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Dan cikal bakal musik rock itu mulanya dari genre musik blues dan rock and roll yang banyak berkembang di Amerika Serikat. Sebutlah nama Elvis Presley yang dikenal dengan genre musik rock n rollnya dan menjadi ikon musik dunia. Lalu, seiring perkembangan jaman muncul pula The Beatles dan Rolling Stones di Inggris pada tahun 1960-an. Musik rock sendiri hadir dan mulai digandrungi anak-anak muda pada masa itu karena dianggap mewakili karakteristik generasi mereka. Karena, pada masa itu, musik yang didengarkan oleh anak-anak muda merupakan musik-musik orang tua. Dan begitu genre ini pertama kali hadir, otomatis musik rock menjadi magnet bagi anak-anak muda saat itu

Karakter musik rock sangat kental dengan distorsi gitar yang kuat, beat drum yang tegas dengan ritme yang keras, serta karakter vocal yang tinggi. Hal ini yang membedakan karakter musik rock dengan genre musik lainnya. Ciri yang paling menonjol dari karakter musik rock ini adalah berkembangnya popularitas gitar listrik. Salah satu musisi legendaris dengan kelihaian permainan gitar listriknya adalah Jimi Hendrix.

Dalam genre musik rock, umumnya ada 4 alat yang dominan yang menjadi karakteristik yang membedakan dengan genre musik lainnya. Yaitu gitar lead, gitar rhythm, bass elektrik dan drum. Seiring waktu, musik rock mengalami banyak perkembangan dan terbagi dalam beberapa sub kategori.

Classic Rock

Komposisi musik rock klasik banyak didominasi oleh unsur distorsi gitar dan reverb yang tebal. Salah satu band legendaris yang mengusung sub genre ini adalah Mr. Big. Mungkin kamu bisa mencoba mendengarkan salah satu lagu hitsnya yang berjudul To Be With You untuk lebih memahami contoh musik rock klasik.

Folk Rock

Simon and Garfungkel adalah salah satu musisi yang terkenal di sub genre ini. Kental dengan karakter musik folk, membuat sub genre musik ini terdengar lebih kalem dibandingkan musik rock klasik.

Jazz Rock

Sub kategori musik rock ini memadukan elemen musik jazz dengan karakter rock yang terdengar sangar. Dominasi riff-riff gitar yang berbalut distorsi terdengar apik berpadu dengan alunan musik jazz yang kental. Sebut saja nama-nama musisi legendaries seperti Lee Ritenour dan Miles Davis yang terkenal dengan karya mereka yang apik. Dan, kita patut bangga loh, salah satu musisi tanah air pun terkenal garang dengan karya-karyanya yang mengusung aliran Jazz Rock. Ngeri banget kan permainan musiknya?

Pop Rock

Nah, ini sub kategori musik rock yang umumnya paling banyak diminati penikmat musik dunia. Materi musik yang ringan dan lirik yang mudah menempel di benak pendengarnya menjadi andalan sub genre ini. Sebut saja nama-nama besar seperti NOAH, Samsons dan Ungu yang menjadi musisi pengusung sub genre ini. Kamu pasti familiar dong dengan lagu hits-hitsnya mereka?

Alternative Rock

Sub kategori musik rock ini cukup digandrungi anak-anak muda pada era tahun 80-an hingga awal tahun 2000-an. Radiohead menjadi salah satu musisi yang sukses mendapat tempat di telinga para penikmat musik rock.

Blues Rock

Sub kategori musik rock yang satu ini menggunakan pola melodi blues sebagai riff utamanya. Cek aja lagu-lagunya The Rolling Stones sebagai musisi yang sukses menghadirkan nuansa blues dalam balutan lini musik rock yang tetap garang.

Post Rock

Kamu pasti familiar dengan nama-nama musisi ini, sebut saja Mogwai, Sigur Ros dan Mono. Mereka ini adalah beberapa musisi yang mengusung aliran Post Rock. Simpelnya sih, sub genre ini memainkan musik yang bukan rock dengan instrument-instrumen musik rock. Nah loh, bingung kan? Musik genre ini mengutamakan texture dan timbre ketimbang power chord. Karakternya adalah genre ini memakai formula Quiet/Loud, Build up Crescendo dan sangat jarang menggunakan verse-chorus-verse.

Indie Rock

Musisi yang melabeli diri mereka sebagai band indie rock umumnya mendistribusikan karyanya secara independen sehingga mereka lebih bebas berekspresi tanpa banyaknya tuntutan dari label musik ternama. Coba deh dengerin musiknya Arctic Monkey dan Pavement, kedua musisi ini adalah salah satu dari sekian musisi Indie Rock.

Hard Rock

Well, ini bukan nama café ya guys, tapi sebenarnya ini adalah salah satu sub genre musik rock. Karakteristik musiknya keras dan garang tapi nggak secepat musik metal. Kamu yang suka streaming lagu, yuk coba search Led Zeppelin dan Slayer untuk lebih mengenal seperti apa sih jenis sub genre musik ini.

Progressive Rock

Sub genre ini memadukan unsure musik rock dengan ritme musik yang njelimet dan rumit. Jadi, tingkat kesulitannya cukup lumayan kalo kamu mau mencoba genre musik ini. Yuk, coba dengerin musik-musiknya Dream Theatre, ini salah satu musisi yang mengusung aliran Progressive Rock.

Jadi, kalo kita coba simpulkan, berikut beberapa karakteristik yang membedakan musik rock dengan genre musik lainnya:

  1. Wilayah nadanya luas, dari nada rendah sampai nada tinggi
  2. Dinamika aransemen menjadi kekuatan musiknya
  3. Lagunya cenderung sulit loh untuk disenandungkan
  4. Lirik-lirik lagunya biasanya ekspresif
  5. Tempo musiknya bervariatif bisa cepat bisa lambat
  6. Harmonisasi musiknya bisa sangat njelimet bin rumit
  7. Beatnya cenderung keras

karakter musik rockBuat kamu yang merupakan penikmat musik rock, selamat ya karena ternyata kegemaranmu mendengarkan musik rock bisa memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Terlepas dari nuansa musiknya yang terkesan penuh amaran dan kekacauan, ternyata mendengarkan musik rock bisa membuat kita merasa lebih bahagia. Penelitian yang dilakukan oleh Journal Self and Identity pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa penggemar heavy metal pada tahun 1980an terbukti lebih bahagia dibanding penggemar musik genre lainnya. Selain itu, musik rock yang agresif juga ternyata dapat membantu kita mengatasi amarah dan membuat kita lebih ekspresif sehingga perasaan tersebut tersalurkan secara emosional. Bahkan, sebuah studi di tahun 2012 menunjukkan bahwa pengaruh dari mendengarkan musik keras seperti rock dapat mengalihkan pikiran kita dari rasa sakit. Musik rock dapat meningkatkan aliran darah hingga 26% yang artinya dapat mengurangi kemungkinan terjadinya masalah jantung.

Apapun pilihan genre musikmu, ternyata mendengarkan musik dapat membantu kita mengurangi stress terlebih lagi ketika menghadapi deadline. Nggak heran ya, para psikolog pun banyak menggunakan terapi musik untuk membantu permasalahan pasiennya. So, let’s go pasang headsetmu dan coba deh dengerin salah satu genre musik rock. We will, we will rock you!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: