resign kerja

Banyak karyawan yang merasa stres dan tidak nyaman dengan pekerjaannya saat ini. Berbagai faktor menjadi alasan, seperti lingkungan kantor yang tidak menyenangkan, gaji yang tidak sesuai, hingga merasa pekerjaan yang sedang dijalani bukanlah passion dirinya.

Tidak jarang seseorang baru menemukan passion-nya ditengah jalan pencarian. Passion yang ia yakini berbeda jauh dengan apa yang ia pelajari pada masa kuliah dan bidang pekerjaannya saat ini sedang dijalani.

Jika sudah seperti ini, ia akan merasa tidak nyaman dalam bekerja dan akan mengidam-idamkan untuk bekerja sesuai passion yang dia yakini. Setelahnya, ia akan mencari waktu yang tepat untuk resign dari pekerjaannya dan memilih bekerja sesuai passion.

Kerja sesuai passion
Sumber gambar: pixabay.com

Petimbangkan baik-baik

Sebelum memutuskan untuk resign dari pekerjaan saat ini, sebaiknya pertimbangkan matang-matang apakah keputusan yang kamu ambil merupakan keputusan terbaik.

Yakinkan diri kamu bahwa passion kamu bukanlah hal yang kamu senangi yang bersifat sementara. Tidak cukup bermodalkan kesenangan, kamu pun harus yakin bahwa kamu menguasai banyak hal dari passion kamu.

Kamu akan bekerja pada bidang tersebut, maka kamu akan dituntut lebih profesional dalam bidang tersebut.
Jika kamu sudah yakin memiliki passion pada bidang tertentu, sebelum memutuskan untuk resign dari pekerjaan saat ini, pikirkan dengan matang bagaimana peluang karir kamu kedepannya jika kamu bekerja sesuai passion. Karena berbagai hal tak terduga dapat saja terjadi di kemudian hari.

Dan jika kita membahas pekerjaan, kita pun tidak akan lepas untuk membahas gaji. Kamu memang akan bekerja pada bidang yang kamu senangi sehingga ada kepuasan batin yang kamu dapatkan.

Namun, kamu tetap pertimbangkan berapa gaji yang akan kamu dapat bila bekerja pada passion. Apakah gaji yang kamu akan terima dapat mencukupi kebutuhan kamu selama ini.

Konsisten dengan keputusan

Kalau kamu sudah yakin untuk resign dari pekerjaanmu saat ini untuk bekerja mengikuti passion, yakinkanlah diri kamu bahwa keputusanmu sudah bulat.

Kamu telah memikirkan baik buruk yang akan terjadi, maka kamu harus siap menjalaninya. Yang dikhawatirkan adalah timbul rasa penyesalan karena apa yang kamu bayangkan tidak dapat sesuai dengan harapanmu, sehingga kamu menyesal telah resign dari pekerjaan kamu sebelumnya.

Jika sudah terjadi hal seperti ini, yang bisa kamu lakukan hanya menjalani keputusan yang telah kamu ambil. Karena dalam bekerja apapun pasti memiliki hambatan-hambatan yang harus dilewati.

Rencana ke depan

Meskipun kamu bekerja pada bidang sesuai dengan passion kamu, sebaiknya jangan hanya mengikuti apa yang kamu senangi sana. Dengan kamu memilih untuk bekerja sesuai dengan passion, kamu harus memiliki rencana bagaimana karir kamu kedepannya.

Seharusnya bukan menjadi hal yang sulit dalam merencanakan karirmu jika kamu memilih bekerja sesuai dengan passion.

Kamu telah memiliki gambaran yang detail mengenai passion kamu sebelumnya, sehingga kamu lebih mengetahui bagaimana menjalaninya, hambatan yang harus kamu lewati, hingga peluang-peluang apa saja yang akan kamu dapatkan.

Agar tidak sia-sia, pikirkan bagaimana skill yang telah kamu miliki dapat berkembang pada karir baru kamu. Kemudian, pikirkan pula bagaimana dengan pilihan kamu ini dapat menjadi pegangan karir kamu untuk beberapa tahun ke depan. Sebab, bekerja bukanlah hal yang main-main jika hanya untuk sementara waktu.

Lalu, apakah bekerja sesuai passion bisa bikin kamu lebih bahagia?

Tidak semua orang beruntung dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion-nya. Dengan berbagai alasan, mereka memilih tetap bertahan pada pekerjaannya.

Nah, saat kamu telah bekerja sesuai passion yang kamu miliki, bisa dikatakan kamu termasuk orang-orang yang beruntung. Tanpa kamu sadari, ada beberapa hal meringankan yang akan kamu dapat dalam pekerjaan kamu.

Mudah beradaptasi dengan pekerjaan

Seorang karyawan baru membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk menyesuaikan diri dengan tempat kerja barunya.

Untuk mereka yang bekerja pada passion-nya, tidak butuh waktu lama pada proses itu. Mereka pasti sudah paham dengan pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan. Jadi, proses adaptasi selama awal bekerja bukan lagi menjadi masalah.

Tidak butuh lama untuk menyesuaikan diri dengan pekerjaan-pekerjaan yang akan kamu hadapi.

Rekan kerjamu pun merupakan orang-orang yang memiliki kesenangan yang sama dengan kamu, sehingga kamu dapat dengan mudah bersosialisasi dengan rekan kerja lainnya. Tidak hanya dengan rekan kerja, kamu juga dapat lebih akrab dengan atasan.

Menikmati proses kerja

Meskipun kamu telah bekerja sesuai passion, kamu tetap akan merasa lelah dengan apa yang sedang kamu kerjakan, sama seperti bekerja pada bidang lain.

Namun, lelah yang kamu rasakan terasa beda. Meskipun terasa lelah, kamu akan menikmati segala proses yang sedang kamu kerjakan. Kamu pun menjadi loyal pada pekerjaanmu dengan memberikan yang terbaik, semaksimal kemampuan yang kamu miliki. Berbeda halnya jika kamu bekerja pada bidang yang tidak kamu senangi.

Pada keadaan lelah dengan kerjaan seperti ini, kamu akan mudah merasa stres dan tidak nyaman berada di kantor. Akibatnya, akan banyak ngeluh selama proses bekerja.

Kerja sesuai passion
Sumber gambar: pixabay.com

Menghargai hasil

Tidak sedikit seseorang yang bekerja sekedar untuk mendapatkan gaji untuk memenuhi kebutuhannya. Memang tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun akan terasa sia-sia jika ia tidak menikmati proses selama ia bekerja. Hari-harinya akan terasa berat dan terbebani saat mendapat sedikit tekanan kerja.

Ia selalu menanti tanggal gajian. Berbeda dengan orang-orang yang bekerja pada passion-nya, karena berapapun gaji yang diterima, ia akan tetap senang dengan pekerjaannya.

Karena ia senang dengan pekerjaannya, ia akan melakukannya dengan maksimal bahkan ada pula yang bersedia tidak dibayar sama sekali. Ia beranggapan bahwa kesenangan dan pengalaman yang ia dapat lebih berharga dari sekedar uang.

Tidak mudah stres

Karena kamu menjalankan pekerjaan sesuai passion kamu, sebelumnya kamu pasti telah mengetahui dan mempersiapkan diri untuk segala kendala yang akan kamu hadapi.

Tugas-tugas pekerjaanmu bukanlah sebuah beban yang harus kamu cemaskan. Sebab kamu begitu mencintai pekerjaanmu, jadi sangat sedikit sekali stres yang kamu rasakan.

Jika banyak orang yang mengeluh saat harus memulai harinya untuk berangkat kerja, berbeda dengan kamu yang tetap memiliki semangat berangkat bekerja akan selalu kamu rasakan di keseharianmu. Hari-hari kamu akan sedikit sekali merasakan stres kerja karena kamu telah siap untuk bekerja.

Jika kamu merasa tidak nyaman pada pekerjaanmu saat ini dan ingin bekerja sesuai passion yang kamu yakini, pertimbangkan secara matang atas keputusanmu. Jangan sampai gegabah dalam mengambil keputusan yang mengakibatkan kamu menyesal di kemudian hari.

Resign kerja karena ingin mengejar passion sah-sah saja. Karena setiap orang punya hak menentukan masa depannya sendiri.

Bekerja sesuai passion memang terdengar menyenangkan. Namun, bagi kamu yang saat ini bekerja pada bidang yang bukan passion kamu pun tidak masalah. Karena yang terpenting adalah tetap profesional dalam bekerja. Sebab untuk menjadi sukses dalam karir tidak harus bekerja mengikuti passion, melainkan kerja keras dan fokus pada apa yang dikerjakan.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: