perkembangan musik pop

Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan dunia musik Indonesia akan selalu menyesuaikan. Terlebih untuk musik pop yang sangat mudah diterima telinga masyarakat dari berbagai lapisan masyarakat.

Musik pop sendiri merupakan sebuah genre musik populer yang berasal dari bentuk modernnya di Amerika dan Inggris pada pertengahan tahun 1950-an.

Pendengar musik pop yang beragam seperti ini membuat persaingan dalam berkarya musik masih dan akan terus terjadi. Dengan begitu, musik pop tetap menjadi pilihan bagi yang ingin berkarya di dunia musik.

Banyaknya wajah baru bermunculan juga memberikan warna baru pada karya-karya yang disajikan. Dengan ciri khas dan karakter yang dimiliki, musisi baru tidak mau kalah bersaing dengan pendahulunya.

Begitu pun dengan musisi yang lebih dulu hadir, bagi mereka yang masih ingin menunjukan eksistensinya, dituntut untuk terus menyajikan karya musiknya pada masyarakat.

Persaingan yang seperti ini membuat dunia musik, khususnya pop masih dan akan terus berkembang berbanding lurus dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Manfaatkan media sosial

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kehidupan saat ini tak terlepas dari perkembangan dunia digital. Termasuk juga perkembangan musik yang dituntut untuk memanfaatkan berbagai medium yang tersaji dalam dunia digital.

Hal ini sangat membantu karena dianggap memudahkan beberapa pekerjaan, misalnya saja untuk promosi. Pada akhirnya, media sosial dimanfaatkan sebagai media mempromosikan diri dan karya yang dimiliki.

musik pop
Sumber gambar: youtube.com

Salah satu bentuk sukses dalam memanfaatkan media sosial adalah Raisa. Kesuksesan penyanyi cantik satu ini berawal dari video cover lagu yang ia unggah di Youtube. Mendapat banyak apresiasi dari warganet, membuat karir Raisa di dunia musik terus berkembang hingga kini ia telah memiliki tiga album.

Selain Raisa, juga ada trio Gamaliel Audrey Cantika, Yura Yunita, hingga Rendy Pandugo yang mengawali karirnya dari media sosial.

Kemudahan untuk mencuri perhatian warganet membuat kemampuan mereka diakui. Jika digunakan dengan baik, media sosial pun dapat melahirkan penyanyi-penyanyi baru yang akan membuat industri permusikan Indonesia semakin beragam.

Perkembangan musik tidak hanya pada penyanyinya, media yang digunakan untuk promosi pun kini telah berkembang.

Sebelumnya, pemanfaatan dunia digital telah digunakan untuk mempromosikan diri dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki, kini dunia digital juga dimanfaatkan untuk mempromosikan karya terbaru para penyanyi atau band yang baru saja rilis. Hal seperti ini penting dilakukan untuk tetap mempertahankan eksistensi.

Berbagai platform musik digital seperti Joox, Apple Music, dan Spotify tersedia untuk mempromosikan karya musik yang baru saja dirilis. Kehadiran platform musik digital dianggap efektif sebagai solusi untuk mengurangi pembajakan musik yang marak terjadi di Indonesia.

Bermodalkan ponsel pintar, penggunanya dapat mendengarkan berbagai lagu dari berbagai penyanyi kapan saja dan dimana saja.

Pada aplikasi tersebut, tidak hanya menyajikan lagu-lagu untuk didengar, penggunanya juga akan mendapat update info terkini seputar penyanyi atau band favorit.

Mulai dari single terbaru yang akan rilis, hingga jadwal kegiatan atau event yang akan dihadiri oleh penyanyi atau band tersebut. Biaya berlangganan yang ditawarkan masihlah terjangkau.

Kemudahan yang ditawarkan merupakan salah satu manfaat dari bekembangnya zaman pada industri permusikan.

musik pop
Sumber gambar: pixabay.com

Ajang pencarian bakat masih menjadi pilihan

Meski sudah tidak seeksis dulu, namun ajang pencarian bakat masih menjadi pilihan seseorang dalam membuka jalannya untuk memasuki dunia permusikan. Selama beberapa bulan, mereka akan dididik oleh musisi ternama tanah air.

Jebolan ajang pencarian bakat sudah dipastikan memiliki kualitas bermusik yang sangat baik. Karena, semasa karantina kemampuan mereka dalam bermusik terus diasah. Sayangnya, mereka yang memiliki bakat yang luar biasa dalam bermusik dan menjadi juara dalam ajang tersebut, kepopuleran namanya tidak bertahan lama.

Namun, meskipun begitu, ada pula yang mampu mengembangkan eksistensinya seperti berkesempatan untuk berkolaborasi dengan musisi papan atas. Seperti Marion Jola, salah satu jebolan Indonesian Idol musim kesembilan.

Meski tidak menjadi juara dalam ajang pencarian bakat tersebut, karir Marion Jola saat ini begitu gemilang. Setelah tereliminasi, gadis asal Kupang yang akrab dipanggil Lala mendapat tawaran untuk berkolaborasi dengan Rayi RAN pada single Jangan.

Single tersebut diterima baik oleh masyarakat dan membuatnya semakin populer. Menduduki tangga lagu teratas berbagai radio selama beberapa minggu, karir Marion Jola di dunia musik semakin gemilang.

Lala yang masih sangat belia seakan mampu mewakili selera milenial dalam musik. Dengan karakternya yang khas, kehadirannya memberikan warna baru ada dunia musik Indonesia.

Selain Marion Jola, masih banyak penyanyi pendahulu jebolan dari ajang pencarian bakat seperti Judika, Ihsan Tarore, Delon, Kunto Aji, hingga Gisel. Nama-nama tersebut sampai saat ini masih terus eksis di telinga.

Tidak hanya ajang pencarian bakat dalam negeri, ada pula musisi Indonesia yang mengawali karirnya dari ajang pencarian bakat luar negeri seperti Sandhy Sandoro.

Salah satu anggota Trio Lestari ini mengikuti kompetisi International Contest of Young Pop Singer: Novoya Volna/New Wave di Latvia pada tahun 2009 silam. Kemampuannya dalam bermusik tidak dapat diremehkan lagi.

Selera musik pada masyarakat akan terus berkembang menyesuaikan perkembangan zaman. Dengan banyaknya pendatang baru dari berbagai jalur, musisi dituntut untuk mampu berkompetisi dalam berkarya musik. Menyesuaikan diri dengan pasar tetapi tetap mempertahankan karakteristik yang telah dibangun.

Tetap Eksis

Siapa yang tidak tahu trio RAN. Mereka yang mengawali karir sejak tahun 2006 masih tetap eksis sampai saat ini. Bukan waktu yang sebentar bagi RAN untuk tetap bertahan dalam dunia musik hingga saat ini, dengan tetap mengeluarkan lagu baru yang menyesuaikan perkembangan dunia musik saat ini.

Dengan begitu, lagu-lagu terbaru RAN masih dapat dinikmati dan menempati tangga lagu teratas pada platform musik digital.

musik pop
Sumber gambar: suara.com

Tidak hanya RAN, yang baru-baru ini terbukti mampu mempertahankan eksistensinya adalah Didi Kempot. Kehadiran penyanyi asal Solo satu ini memberikan warna tersendiri pada jajaran lagu populer Indonesia.

Dengan lagu-lagu bertemakan kegelisahan hati pada pasangan dapat mudah diterima berbagai lapisan usia. Meskipun dikemas dengan bahasa jawa, lagu-lagu Didi Kempot terbukti mampu merangkul kaum milenial untuk menikmati lagu-lagunya dimana para penggemarnya menjuluki dirinya sebagai Sobat Ambyar.

Karakter Didi Kempot begitu kuat sehingga membuat ia dan lagu-lagu karyanya tetap dikenal, bahkan semakin populer.

Perkembangan musik pop begitu dinamis. Tidak dipungkiri jika perkembangannya juga dipengaruhi oleh perkembangan zaman dan teknologi.

Ditambah lagi dengan kehadiran para pendatang baru dari berbagai jalur yang dianggap memiliki karakter yang lebih fresh. Hal ini akan terus terjadi dan mereka yang saat ini masih bertahan adalah mereka yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut.

Dan kini telah terbukti bahwa selera musik masyarakat saat ini begitu beragam. Menjadi tantangan tersediri bagi para musisi ingin menyajikan karya-karya seperti apa agar dapat diterima masyarakat berbagai kalangan.

Itulah perkembangan musik pop yang penting untuk kita ketahui sebagai generasi milenial. Semoga bermanfaat.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: