penyanyi pop indonesia

Album Heart to Heart (2013) mengantar Raisa Andriana ke puncak kariernya sebagai penyanyi pop Indonesia. Kamu pasti pernah mendengar atau menyanyikan salah satu lagu di album ini, mulai dari Bye Bye, LDR, Pemeran Utama, Teka Teki, atau Mantan Terindah. Ya kan?

Apakah kisah sukses Raisa selalu sesukses lagunya? Nyatanya tidak. Jika ditelisik lagi, perjalanan karier penyanyi kelahiran Jakarta, 6 Juni 1990 ini bagai sebuah lirik lagu yang dipenuhi harmoni Andante.

Andante adalah tanda tempo yang menentukan bagaimana sebuah karya lagu atau musik dimainkan. Istilah yang diambil dari bahasa Italia ini diartikan irama lagu perlahan, yang kecepatannya secepat langkah kaki kita berjalan sehari-hari. Bukan jalan lambat, bukan pula jalan cepat.

Sebagai musisi, Raisa begitu jeli dan penuh pertimbangan menentukan sendiri seberapa cepat temponya ‘berjalan.’ Ini karena masing-masing orang memiliki kecepatan berjalan berbeda-beda.

Raisa bukan musisi instan. Ia mengatur pergerakan musiknya dan menentukan makna Andante-nya sendiri. Inilah yang membedakan musisi biasa dengan musisi hebat.

Raisa tak sekadar bernyanyi. Dia menjelma sebagai pencipta lagu, komposer musik, bintang iklan, bintang film, istri, dan semakin sempurna saat menjadi ibu dari Zaline Raine Wyllie, putrinya yang saat ini berusia sembilan bulan.

Sempat Jadi Anak Band

Sekitar 2008, Raisa merupakan vokalis Andante, band besutan musisi muda Kevin Aprillio. Andante merupakan cikal bakal Vierra dan sekarang lebih dikenal dengan nama Vierratale.

Band Andante sempat mengeluarkan beberapa single, salah satunya berjudul Seandainya. Sayang sambutan publik terhadap band ini kurang. Raisa pun merasa ada perbedaan visi misi dengan rekan-rekannya itu.

Perusahaan rekaman akhirnya mengubah konsep band dengan menggandeng Widy Soediro sebagai vokalis utama Vierratale hingga saat ini.

Hengkang dari Andante, Raisa semakin menyadari dirinya tak cocok bergabung dalam grup musik. Idealisme tinggi membuatnya memilih bersolo karier.

Foto: IG @raisa6690

Pelantun tembang Kali Kedua ini beralih menjadi vokal latar (backing vocal) RAN di Java Jazz 2008. Raisa kebetulan berteman dekat dengan salah satu personelnya, Asta Andoko.

Asta yang juga teman kuliah Raisa mengenalkan istri Hamish Daud ini pada label Universal Music. Label ini yang kemudian mendebutkan Raisa sebagai penyanyi solo.

Single Serba Salah yang menjadi batu pijakan Raisa dalam berkarier musik mulanya berasal dari sebuah postingan video di YouTube November 2010. Lagu berkonsep akustik ini menyuarakan hati seseorang yang sedang kasmaran, namun terjebak dalam hubungan stagnan alias begitu-begitu saja.

Lirik lagunya sentimental, namun indah di telinga berkat suara emas wanita 29 tahun ini. Paras cantik Raisa juga memikat netizen, khususnya penggemar pria untuk mengklik videonya. Sejak itu, banyak YouTuber mengcover lagu tersebut.

Populer di YouTube 2010, single Serba Salah justru baru dirilis resmi setahun kemudian dalam album bertajuk Raisa. Ini karena Raisa sibuk menyelesaikan kuliah di Universitas Bina Nusantara, demikian juga Asta yang kebetulan menjadi produser, namun sibuk konser dengan RAN.

Bernyanyi Hingga Berakting

Raisa didapuk sebagai Penyanyi Pendatang Baru Terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesia pada 2012. Profilnya kian dikenal publik, dan tak ada radio di Indonesia yang tak pernah memutar lagunya.

Raisa piawai memainkan piano dan gitar. Hampir 80 persen lagu-lagunya diciptakan sendiri. Sederet lagu di album perdananya yang populer, antara lain Apalah (Arti Menunggu), Cinta Sempurna, Could It Be, dan Terjebak Nostalgia.

Raisa berada di puncak karier setelah merilis album kedua, Heart to Heart (2013). Album berisi sembilan lagu ini menempati posisi Top Album iTunes Indonesia. Lagu Mantan Terindah bahkan menjadi lagu tema film berjudul sama di mana Raisa menjadi kameo di film tersebut.

Foto: IG @raisa6690

Pada 2014, Raisa dianugerahi Best Asian Artist di Mnet Asian Music Award 2014. Ia pun menggelar konser tunggal tepat setelah lima tahun berkarier pada 24 Mei 2015 di Istora Senayan.

Tak hanya itu, putri dari N Rachman dan Ria Mariaty ini menjadi brand ambassador Sunsilk, Pond’s White, Traveloka, Elevania, hingga Oppo.

Sutradara kenamaan, Rako Prijanto tampaknya terpesona dengan keterampilan akting Raisa meski hanya sebagai kameo di Mantan Terindah. Raisa pun didaulat sebagai pemeran utama di film yang terinspirasi dari lagunya sendiri, Terjebak Nostalgia pada 2016.

Foto: IG @raisa6690

Di film roman tersebut, Raisa berakting dengan Chicco Jerikho sebagai Reza, dan Maruli Tampubolon sebagai Sora.

Pada tahun yang sama, Raisa merilis album ketiga bertajuk Handmade dengan single andalan, Kali Kedua. Lagu ini merupakan lagu Raisa paling ngetop di YouTube dan ditonton lebih dari 40 juta kali.

Di album ini Raisa juga berduet dengan Afgan Syahreza dalam lagu Percayalah. Suara kedua penyanyi pop populer ini memikat penikmat musik Tanah Air. Lagu duet ini diganjar Triple Platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (Asiri).

Menikah dengan Hamish Daud

Raisa memelankan sejenak irama Andante dalam kehidupannya setelah memutuskan berkeluarga dan menikah dengan Hamish Daud. Pria pilihannya itu adalah arsitek, presenter dan aktor berkebangsaan Australia yang populer lewat acara petualangan My Trip My Adventure di Trans TV.

Pernikahan keduanya sempat dinobatkan sebagai Hari Patah Hati Nasional. Keduanya mengikat janji setia di Hotel Ayana Midplaza Jakarta Pusat, 3 September 2017. Sebelumnya Hamish melamar Raisa di rumahnya pada 21 Mei 2017.

Raisa dan Hamish dua selebriti dengan banyak penggemar. Banyak netizen menjadikan keduanya simbol relationship goals, mengingat pacarannya tak lama dan langsung mantap menikah.

Foto: IG @raisa6690

Pasangan ini jauh dari gosip miring. Ini karena Raisa dan Hamish sama-sama apik menjauhkan kehidupan rumah tangganya dari konsumsi publik.

Dua sejoli ini sama-sama bekerja di dunia hiburan, namun passionnya berbeda. Raisa penyanyi, sementara Hamish aktor. Meski berbeda, mereka saling mendukung satu sama lain.

Hamish kerap hadir di pertunjukan musik sang istri, sementara Raisa beberapa kali menemani Hamish tur dan bepergian untuk pekerjaannya ke luar kota, bahkan luar negeri.

Kebahagiaan keduanya semakin sempurna mana kala Raisa tengah berbadan dua. Genap 10 tahun berkarier, Raisa memutuskan vakum dari dunia hiburan. Ia ingin rehat sejenak dan fokus untuk calon bayinya.

Tertutup Soal Anak

Raisa secara terang-terangan mengatakan cerita kehamilannya adalah hal pribadi yang hanya ingin dinikmatinya bersama suami dan keluarga. Ia juga meminta maaf kepada awak media karena terkesan enggan ditanyai kondisi kehamilan dan buah hati. Jika ingin berbagi, Raisa hanya akan membagikan ceritanya lewat media sosial.

Konser terakhir Raisa sebelum vakum bertajuk Fermata Intimate Concert. Dalam konser berdurasi kurang lebih dua jam itu, Raisa mempersembahkan 19 lagu di atas panggung. Penampilan Raisa di The Hall Senayan City, Jakarta Pusat dihadiri banyak penggemar yang menamakan diri YouRaisa.

Baca juga: Kurt Cobain Sang Legenda Musik Rock Dunia

Sejak rehat, Raisa menghabiskan hari-harinya dengan liburan dan quality time bersama keluarga. Baik Raisa mau pun Hamish tak sekali pun pernah membagikan dokumentasi, khususnya foto buah hati mereka secara terang-terangan di media sosial.

Foto Zaline misalnya, selalu diambil dengan posisi membelakangi kamera, wajahnya berlindung di balik bahu sang ayah, atau sekadar foto siluet. Jumlah postingan tentang Zaline di akun Instagram Raisa dan Hamish bahkan bisa dihitung dengan jari.

Foto: IG @raisa6690

Raisa memilih tertutup soal anak karena tak ingin didikte dan dipengaruhi orang lain. Dia hanya ingin menikmati hari-hari berharganya bersama sang putri.

Raisa mengakui dirinya adalah tipe tertutup. Ia bisa nyaman tampil di depan 50 ribu orang, namun bisa diam seribu bahasa ketika berhadapan dengan lima orang.

Menulis lirik lagu adalah cara Raisa mengungkapkan perasaannya dengan nyaman. Dia tak memungkiri bahkan menulis lagu dan menyanyi di panggung membuatnya lebih dewasa dari waktu ke waktu.

Singkat cerita, Raisa hari ini menjelma menjadi ikon musik Indonesia. Buah karyanya banyak digemari dan menginspirasi. Saat ini, Raisa bersiap menyambut satu dekade kariernya sebagai musisi dengan mempersiapkan Raisa Live in Concert Jakarta 2020 yang akan digelar tahun depan.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: