Sebel nggak sih kalo mahasiswa selalu diidentikkan dengan bokek? Apalagi anak kosan, yang tiap akhir bulan hobbynya makan mi instan karena uang bulanan dari orang tua sudah menipis.

Duh, ngenes banget ya guys rasanya. Tapi, jangan sedih walaupun masih mahasiswa sekarang ini jamannya mahasiswa produktif yang bisa menghasilkan uang hasil usahanya sendiri.

Menjadi mahasiswa merupakan momentum untuk kita menggali ilmu dan mengeksplor berbagai kemampuan dan potensi yang kita miliki.

Memang sih, tugas utama kita sebagai mahasiswa itu pastinya kuliah, berorganisasi dan pengalaman kerja melalui magang ataupun merintis usaha.

Tapi, sayangnya di Indonesia jarang sekali mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneurship. Padahal, internship atau berkecimpung di dunia entrepreneur itu merupakan sebuah kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja.

Karena, fakta membuktikan bahwa setelah lulus kuliah mahasiswa yang punya pengalaman internship atau pernah mencicipi dunia entrepreneur memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Nah, masalahnya banyak kasus mahasiswa yang tidak memiliki manajemen waktu yang baik sehingga berakibat urusan kuliah terbengkalai dan pekerjaan pun berantakan.

pekerjaan online mahasiswa
sumber gambar: pixabay

Tahu nggak sih guys, sekarang ini perkembangan dunia digital dan teknologi yang berkembang sangat pesat juga merupakan sebuah peluang loh.

Pastinya nggak mau dong kalo kamu diidentikkan dengan mahasiswa yang bokek alias nggak punya uang.

Hari gini, walaupun masih mahasiswa kita juga bisa punya penghasilan sendiri loh dengan memanfaatkan internet. Yuk simak beberapa tips untuk jadi mahasiswa yang produktif sambil merintis usaha.

Kenali potensi diri

Coba deh kita tes sederhana yuk, sebutin 5 kelebihan diri kamu. Hayo, kira-kira butuh waktu berapa lama untuk nyebutin kekuatan diri, karena biasanya kita akan dengan sangat mudah untuk menyebutkan kelemahan diri dibandingkan kelebihan yang kita miliki.

Ada bagusnya juga loh kita paham mengenai kelebihan dan kelemahan diri karena kita bisa memilih pekerjaan internship atau peluang usaha yang sesuai.

Misalnya nih buat kamu yang teliti dan jeli, kamu bisa coba pekerjaan part-time jadi penulis artikel atau editor loh.

Miliki manajemen waktu yang baik

Sebagai mahasiswa yang memang tugas utamanya adalah kuliah, penting banget loh untuk punya manajemen waktu yang seefektif mungkin.

Carilah pekerjaan atau peluang usaha yang bisa kamu kerjakan misalnya di jam-jam istirahat antar mata kuliah yang kamu ambil atau setelah jam kuliah selesai.

Tumbuhkan jiwa entrepreneur

Kebanyakan orang umumnya nggak punya nyali tuh untuk merintis usaha. Jangan pernah ngecap diri sendiri nggak punya jiwa entrepreneurship ya guys, karena hal itu bisa kita tumbuhin loh.

Secara hari gini kan banyak banget ya seminar dan workshop tentang entrepreneurship. Mulai aja dulu deh coba dari usaha kecil-kecilan seperti jualan paket data online atau mungkin jastipers alias jasa titip yang lagi kekinian.

Aktif promosi di social media

Nah, ini dia nih yang nggak kalah pentingnya. Maksimalin sosial mediamu untuk promosi usaha yang kamu lagi rintis.

Tipsnya, coba pakai aplikasi Canva untuk bikin materi promosi kamu di sosial media seperti Instagram, Facebook, Whatsapp dan sebagainya.

Kamu juga bakalan butuh keahlian copywriting nih biar bahasa promosinya menarik. Jangan lupa juga the power of wordmouth alias promosi dari mulut ke mulut ke teman kosan, keluargamu, teman kuliah bahkan ke gebetan.

Pilihan Pekerjaan Online Untuk Mahasiswa

Mumpung sekarang lagi eranya internet, pekerjaan online sepertinya bisalah dilirik sebagai ladang untuk menghasilkan uang tambahan guys.

Asalkan kamu mau kerja keras, kreatif dan tahu caranya, kamu bisa jadi gebetan cewek-cewek loh karena jadi mahasiswa produktif yang pintar menghasilkan uang sendiri. Kira-kira apa aja ya pekerjaan-pekerjaan online yang bisa kamu coba?

Bisnis online shop di Instagram

Sekarang bisnis online shop menjamur dimana-mana, tapi kamu nggak perlu takut kekurangan pangsa pasar karena peluangnya masih sangat menjanjikan.

Jumlah pengguna Instagram di Indonesia sangat banyak dan terus bertambah setiap harinya. Nah, kalo kamu nggak punya modal untuk nyetok produk, kamu bisa memilih system dropship/reseller. Jadi, kamu tinggal promosiin dan tawarin produknya dan nanti kamu bisa pesen ke owner produk yang bersangkutan.

Bisnis jasa desain online

Buat kamu yang hobby ngulik desain, kamu bisa nawarin jasa desain misalnya desain undangan, jasa desain presentasi, jasa edit foto untuk sosial media dan sebagainya. Karena pas banget nih, momentnya di era internet ini netizen hobby pamer di sosial media.

Food Blogger

Hayo, kamu termasuk tipe yang suka moto makanan nggak kalo lagi resto? Nah, dari hobby ini bisa jadi ladang uang juga loh.

Untuk yang satu ini, kamu harus punya skill dan sense fotografi yang oke. Tapi, tenang aja sekarang ini dengan bermodalkan smartphone dan aplikasi edit foto di Appstore/Playstore kamu bisa menghasilkan foto makanan yang keren.

Dan sangat memungkinkan kamu di-hire oleh resto atau online shop yang jual makanan sebagai microinfluencer.

pekerjaan online mahasiswa
sumber gambar: pixabay

Youtuber

Ini juga nih satu lagi pekerjaan online yang lagi booming dan tentunya sangat menjanjikan. Kamu bisa mengabadikan moment saat menonton konser artis yang lagi tur di daerahmu atau juga video tempat nongkrong rekomendasimu sendiri.

Yang paling banyak dicari juga biasanya adalah video tutorial atau review tentang makanan, gadget dan game. Lihat aja Youtuber seperti Atta Halilintar dan Ria Ricis yang sukses menghasilkan pundi-pundi uang lewat platform Youtube.

Influencer di Social Media

Nah, kalo kamu yang hobby eksis di sosial media seperti Twitter dan Instagram, kamu bisa melirik profesi ini.

Dengan jumlah followers yang banyak, kamu bisa merekomendasikan produk atau jasa yang dimiliki oleh klien. Sekali lagi, keahlian copywriting dan editing foto sangat dibutuhkan ya guys.

Penulis Artikel

Kata siapa menulis itu adalah pekerjaan yang gampang? Pekerjaan online sebagai penulis artikel bisa dibilang gampang-gampang susah loh.

Di era internet seperti sekarang ini pekerjaan sebagai penulis artikel sangat dibutuhkan. Klien biasanya sih mencari penulis artikel yang sanggup membuat tulisan yang menarik dan enak dibaca serta SEO friendly tentunya.

Tipsnya, rajin buka website freelancer dan ikut komunitas blogger untuk mendapatkan job yang sesuai dengan kemampuan dan passion kamu.

Nah, sekarang sudah ada bayangan kan seperti apa sih pekerjaan online yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mendapatkan uang tambahan sembari kuliah.

Sekadar saran nih guys, sebaiknya sih pilih pekerjaan yang sesuai passion dan waktu luangmu. Pastinya akan jadi kebanggaan tersendiri loh kalo kamu sudah bisa menghasilkan uang sendiri walaupun masih berstatus mahasiswa.

Buat kamu yang masih jomblo, siap-siap aja jadi inceran cewek-cewek ya. Dan buat yang sudah punya pacar, kamu pasti jadi salah satu kandidat menantu idaman.

Tapi, sekali lagi jangan lupa sama fokus utama kita sebagai mahasiswa ya guys, pastikan pekerjaan online mahasiswa yang kita jalanin nggak mengganggu focus kita untuk kuliah.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: