pekerjaan freelance

Perempuan bukan satu-satunya yang bisa menghasilkan uang dari rumah. Meski kebanyakan pekerjaan lepas (freelance) seolah dirancang untuk stay-at-home mom alias ibu rumah tangga, seperti menjadi blogger dan penulis konten, ternyata stay-at-home dad dan pria milenial pun bisa melakukan hal serupa.

Siapapun berpeluang mendapat penghasilan dari rumah, tak harus bergelar sarjana atau berpengetahuan teknis level dewa.

Sahabat Outfit Pria, berikut tujuh pekerjaan freelance yang cocok untuk pria milenial kreatif seperti kamu.

1. Pemasar Afiliasi

Kamu bisa menghasilkan uang dengan menjadi pemasar afiliasi, apakah itu penulis konten (content creator), blogger, vlogger, atau YouTuber dengan mempromosikan produk atau bisnis tertentu.

Kamu akan menerima komisi untuk setiap penjualan setelah terafiliasi dengan perusahaan atau pelaku bisnis yang menggunakan jasamu.

Siapa yang tak kenal Raditya Dika? Penulis yang populer lewat novel Kambing Jantan dan Marmut Merah Jambu ini mulanya seorang blogger.

Lewat personal blog radityadika.com, pria bernama lengkap Dika Angkasaputra Moerwani ini menulis kesehariannya dengan bahasa jenaka dan akhirnya dituangkan dalam bentuk novel.

Dika pun menjual novel-novelnya lewat blog.

Saat ini Dika sukses menjadi YouTuber dengan jumlah subscriber hampir mencapai delapan juta. Dia juga merambah dunia perfilman dengan menjadi sutradara, aktor, komedian, bahkan komika.

Kamu yang hobi otomotif pasti akrab dengan iwanbanaran.com. Pemilik blog ini sering muncul sebagai komentator langganan siaran kualifikasi MotoGP di Trans7.

Foto: Pixabay

Iwan Banaran awalnya membuat blog pribadi tempat curhat semua hal tentang dunia otomotif, khususnya kendaraan roda dua.

Siapa sangka penyuka otomotif seluruh Indonesia tertarik dengan lamannya, sehingga jumlah pelanggan blognya sampai saat ini mencapai 223.877 subscribers.

Blogger asal Tulungagung, Jawa Timur ini pernah mewawancara eksklusif dua bintang MotoGP, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Akun YouTube Iwan Banaran saat ini memiliki 236 ribu subscriber. Blognya telah terafiliasi iklan dari berbagai pabrikan roda dua, serta pengiklan otomotif lainnya. Keren ya?

2. Penjual Online

Apakah kamu memiliki produk merek sendiri dan layak dipasarkan, misalnya berbagai jenis outfit pria dengan desain unik?

Kamu bisa berjualan online di sejumlah situs, seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, atau mempromosikannya di Instagram.

Apakah kamu jago marketing dan senang bermedia sosial?

Kamu bisa menjadi re-seller dari produk orang lain, atau produk-produk dari brand besar.

Foto: Pixabay

Kuncinya adalah mengidentifikasi produk apa yang dibutuhkan orang lain. Buatlah nama, logo, desain, dan label menarik, kemudian mulai pasarkan.

3. Penulis

Kamu senang merangkai kata? Kamu bisa mendapat penghasilan layak dengan menjadi penulis.

Saat ini banyak pria sukses menjadi novelis. Sebut saja beberapa nama besar, seperti Tere Liye, Andrea Hirata, Habiburrahman El Shirazy, dan Pidi Baiq.

Andrea Hirata menelurkan Laskar Pelangi akhir 2005. Novel semi-autobiografisnya ini menginspirasi jutaan pembaca. Namanya melesat begitu bukunya difilmkan sineas Riri Riza.

Laskar Pelangi sampai saat ini telah diterbitkan ke dalam 25 bahasa dan dipasarkan sekurangnya di 130 negara.

Banyak sekolah dan universitas menjadikan novel ini sebagai salah satu referensi. Wajar jika Laskar Pelangi memenangkan New York Book Festival 2013 kategori General Fiction.

Foto: Pixabay

Siapa yang tak terharu membaca buku atau menonton film Hafalan Shalat Delisa? Ini adalah buah karya Tere Liye.

Penulis novel bernama asli Darwis ini membuahkan puluhan karya. Tujuh di antaranya sangat berkesan di hati pembaca, yaitu Tentang Kamu, Bintang, Matahari, Bidadari-Bidadari Surga, Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, Negeri Para Bedebah, dan Rembulan Tenggelam di Wajahmu.

Tere Liye selain berprofesi sebagai penulis, juga aktif bekerja kantoran sebagai akuntan. Pria lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini berprinsip bercerita lewat tulisan adalah cara mendidik terbaik. Cara menjadi penulis yang baik? Terus latihan, latihan, dan latihan.

Saat ini banyak sayembara dibuka untuk menemukan talenta-talenta muda di dunia tulis menulis. Cukup berselancar di dunia maya dan temukan satu yang cocok untukmu.

4. Asisten Virtual

Pekerjaan asisten virtual saat ini menjanjikan. Tak perlu ke kantor, kamu bisa bekerja dari rumah, hanya bermodalkan wifi internet atau paket data, dan laptop.

Asisten virtual membantu pekerjaan orang lain di mana jenis pekerjaannya bergantung keahlian yang dimiliki.

Biasanya pemesan atau klien akan meminta asisten virtual melakukan pekerjaan, seperti mengedit video dan foto, menginput data, membuat game, menginstal jaringan dan sistem, membuat logo, atau mengembangkan website.

Gajinya berapa? Bisa puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah per pekerjaan bergantung tingkat kesulitannya.

Foto: Pixabay

Kamu hanya perlu benar-benar menguasai layanan jasa tertentu dan menawarkannya ke klien. Caranya?

Bisa mempromosikan di website sendiri, lewat teman, media sosial, atau situs pencarian lowongan pekerjaan freelance, seperti projects.co.id, freelancer.com, upwork.com, flexjobs.com, dan sribulancer.com.

5. Customer Service

Pria milenial yang hobi menjadi problem solver alias pemecah masalah dengan bermacam solusi bisa menekuni pekerjaan customer service.

Kamu bisa melayani pelanggan dari mana saja dan lewat media apa saja, mulai dari email, panggilan telepon, atau chat, kemudian membantu menyelesaikan masalah.

Foto: Pixabay

Banyak perusahaan memilih mempekerjakan customer service dengan sistem remote, artinya tidak harus ke kantor.

Kamu bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, sembari memenuhi tujuan dan karier dalam waktu bersamaan.

Jika kamu tidak suka ngobrol atau berbicara dengan orang lain, pekerjaan ini tidak cocok untukmu.

6. Flipper Property

Pekerjaan flipper property, khususnya di kota-kota besar bisa menghasilkan pundi-pundi uang dalam jumlah besar.

Sayang profesi ini hanya dilakukan mereka yang mengerti bisnis properti dan berani mengambil risiko.

Ini karena keuntungan yang diraup seorang flipper property cukup besar, bisa puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Kamu bisa menjual kembali properti yang kamu beli dengan harga jauh lebih mahal dengan cara mengiklannya di berbagai website, seperti rumah123.com, rumah.com, olx.co.id, atau laman marketplace Facebook.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu saja membuat daftar (listing) properti yang akan kamu jual melalui iklan di koran, media online, website, dan sebagainya.

Periksa semua dokumen kepemilikan dan pastikan keasliannya, mulai dari SHM, SHGB, IMB, dan dokumen legal lainnya. Ini untuk meminimalisir kemungkinan unsur penipuan.

Foto: Pixabay

Sediakan uang muka atau down payment sesuai kesepakatan bersama pemilik properti.

Kamu bisa bernegosiasi untuk diberi uang muka seminimal mungkin. Itu adalah uang yang harus kamu keluarkan dari kantong sendiri, sementara sisanya akan dilunasi calon pembeli.

Langkah selanjutnya kamu dan pemilik properti melakukan Perjanjian Perikatan Jual Beli (PPJB) di depan notaris.

Selanjutnya kamu bisa menjual properti itu kembali di atas harga pasar kepada pembeli yang cocok.

7. Konsultan

Kamu bisa menjadi konsultan mandiri dan bekerja dari rumah. Jika memiliki passion tertentu, gunakan peluang tersebut untuk mendapat untung sebanyak-banyaknya.

Kamu mungkin seorang akuntan, sehingga bisa menjadi konsultan keuangan. Kamu mungkin seorang psikolog, sehingga bisa menjadi konsultan pernikahan atau konsultan keluarga.

Kamu mungkin seorang dokter atau perawat, sehingga bisa menjadi konsultan laktasi.

Manfaatkan keterampilanmu semaksimal mungkin sebagai konsultan mandiri.

Kamu tak harus terikat jam operasional seperti orang kantoran pada umumnya, juga bisa memanajemen waktu untuk diri sendiri dan keluarga.

Foto: Pixabay

Pekerjaan freelance biasanya menjadi sampingan, namun dengan peluang penghasilan jauh lebih besar dari pekerjaan utama. Enam profesi di atas hanya sebagian saja.

Ada banyak peluang pekerjaan freelance untuk pria milenial di luar sana. Kerja keras itu perlu, tapi kerja cerdas itu harus!

Share:

1 Comment

  1. […] Baca juga: 7 Pekerjaan Freelance Ini Cocok Untuk Pria Milenial […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: