musisi rock indonesia

Indonesia tidak pernah kehilangan rocker-rocker hebat untuk mewarnai kancah musiknya. Seiring dengan musik rock yang tidak pernah sepi pendengar, generasi musisi rock Indonesia pun tak akan pernah hilang.

Ada beberapa musisi rock Indonesia yang terkenal karena karya mereka bersama band-nya masing-masing, ada pula yang sukses bersolo karir hingga terkenal karena ajang pencarian bakat.

Berikut 8 profil singkat musisi rock terkenal di Indonesia yang dirangkum khusus oleh Outfitria.com:

1. Ahmad Albar

Bisa dikatakan kalau Ahmad Syech Albar adalah salah satu musisi rock sukses di Indonesia. Ia yang saat ini sudah berumur 73 tahun adalah seorang vokalis grup band rock bernama God Bless.

musisi rock indonesia
Sumber gambar: devianart

Album perdana God Bless yang diberi nama God Bless (nama yang sama dengan nama band-nya) dirilis pada tahun 1975. Perilisan album perdana itu sangat istimewa, karena pada saat itu mereka juga menjadi band pembuka untuk konser Deep Purple di Jakarta, salah satu band sohor dunia.

Tidak cuma bersama God Bless, Ahmad Albar (nama bekennya) juga menelurkan sejumlah album untuk beberapa grup musik. Grup musik itu antara lain adalah Duo Kribo dan Gong 2000. Selain itu, ia juga sukses bersolo karir dengan sejumlah album pula.

Ahmad Albar memiliki rambut kribo, dan gaya itu yang menjadi ciri khas penyanyi cadas ini. Memiliki rakater suara yang berat dan sedikit serak, Ahmad Albar pantas disebut penyanyi rock legendaris di Indonesia.

2. Ahmad Dani

Siapa yang tak tahu Dewa 19? Salah satu band terbesar yang pernah mewarnai kancah musik Indonesia. Vokalis band ini kerap silih berganti, mulai dari Anang Hermansyah, Ari Lasso, hingga Once Mekel.

Tetapi, satu orang bernama Ahmad Dani tak pernah pergi dari band ini. Ya, Ahmad Dani bisa dibilang sebagai jantung dari Dewa 19.

Jutaan keping album Dewa 19 yang terjual adalah berkat dari kejeniusan seorang Ahmad Dani. Ia boleh dianggap sebagai salah satu musisi Indonesia yang memiliki paket lengkap: mahir bermain beberapa alat musik, bisa mengisi vokal, menciptakan lagu-lagu hits, sampai memproduseri beberapa penyanyi hingga menjadi terkenal. Semua itu karena satu hal, Ahmad Dani memiliki segudang referensi musik dunia.

3. Kaka

Akhadi Wira Satriaji atau yang lebih dikenal sebagai Kaka, merupakan vokalis salah satu band terbesar di Indonesia, yaitu Slank. Slank sendiri adalah band beraliran pop rock dengan basis penggemar hingga jutaan orang di Indonesia.

Sumber: pinterest.com

Pengorbanan Kaka untuk bisa membawa Slank mencapai titik puncaknya tidak bisa dianggap sepele. Ia sempat jatuh bangun, mengorbankan sekolahnya untuk musik, hingga terjerat narkoba. Tapi ia bangkit dan membuktikan kalau ia merupakan salah satu vokalis rock paling fenomenal di Indonesia hingga sekarang.

By the way, ada yang tahu kalau seorang Kaka hanyalah seorang lulusan Sekolah Dasar? Ya, pria ini benar-benar meninggalkan sekolah hanya untuk bermain musik. Semua itu berhasil ia buktikan dengan kebesaran nama Slank seperti saat ini.

4. Armand Maulana

Pria bernama Tubagus Armand Maulana ini memiliki jiwa seni yang sudah mengalir sejak ia SD. Ketika itu ia kerap diajak ikut pada beberapa pementasan seni tingkat sekolah.

Terlahir dalam keluarga yang berdarah seniman, Armand Maulana kecil mulai dikenalkan musik rock oleh Kakak-kakaknya. Band rock yang mulai ia dengar sejak kecil antara lain adalah Genesis dan Rush.

Saat dewasa, nama Armand Maulana melejit melalui sebuah band bernama GIGI. Band ini kemudian menjadi salah satu band tersukses di Indonesia dan albumnya sudah berjumlah 20 buah.

Sebagai pentolan band, Armand Maulana menjadi ciri khas tersendiri karena karakter vokal berat dan dalam serta aksi enerjiknya ketika bernyanyi di atas panggung. Armand, adalah salah satu vokalis yang bisa membuat suasana panggung menjadi lebih seru.

5. Andy

Andy dikenal berkat sebuah band bernama /Rif. Band ini didirikan di Bandung pada tahun 1992. Sampai saat ini, /Rif sudah menelurkan 7 album.

Sumber: pinterest.com

Awalnya band ini bernama Badai Band, lalu kemudian berganti menjadi R.I.F yang merupakan singkatan dari Rhythm In Freedom. Tahun 1995, namanya kembali diganti dengan ditambahkan garis miring sehingga menjadi /Rif.

Vokalis yang satu ini punya ciri khas tersendiri ketika bernanyi di atas panggung. Sebagai ciri khasnya, rocker yang satu ini selalu memakai topi cowboy di kepalanya.

Hingga sekarang, Andy bersama band-nya masih rutin menggelar konser. Walaupun usia Andy sudah mencapai setengah abad, Andy tetap tampil enerjik di setiap konser /Rif.

Oh, iya, ada sedikit fakta unik tentang Andy. Ia ternyata memiliki kemampuan bela diri silat dan sempat satu perguruan dengan aktor laga ternama, yaitu Yayan Ruhian. Andy juga mencoba kemampuan aktingnya dengan menjadi salah satu karakter dalam film Wiro Sableng.

Baca juga: Kurt Cobain Sang Legenda Musik Rock Indonesia

6. Krisyanto

Lagu berjudul Pelangi di Matamu adalah salah satu lagu terhits yang pernah dibawakan oleh band rock bernama Jamrud. Jamrud sendiri memiliki seorang vokalis bernama Krityanto yang karakter vokalnya sangat khas dengan suara seraknya.

Popularitas Jamrud memang sejalan dengan karakter vokal khas dari Krisyanto. Krisyanton selalu membawakan lagu-lagu rock yang sesuai dengan aliran band Jamrud tersebut.

Jamrud kemudian sukses besar dengan beberapa album mereka. Lagu Jamrud yang cukup hits selain Pelangi di Matamu adalah Berakit-rakit, Putri, dan Selamat Ulang Tahun.

7. Ipang

Ipang atau yang bernama lengkap Irfan Fahri Lazuardi adalah seorang vokalis dari salah satu band bernama BIP. Sebelum bersama BIP, Ipang merupakan vokalis dari Plastik Band.

Hengkang dari Plastik Band, Ipang awalnya sempat bersolo karir, lalu bergabung bersama BIP. Selain namanya populer bersama BIP, Ipang juga sukses menyanyikan lagu solo-nya untuk soundtrack film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Lagunya yang menjadi hits untuk soundtrack film tersebut antara lain adalah Sahabat Kecil, Apatis, dan Teruslah Bermimpi.

Ciri khas vokal dari Ipang adalah suaranya yang tinggi dengan sedikit serak, serta rambut gimbalnya yang menjadi ciri tersendirinya.

8. Husein Alatas

Saatnya kita bahas salah satu rocker fenomenal di Indonesia, Husein Alatas. Namanya mulai melejit sejak ia masuk ke dalam salah satu ajang pencarian bakat, Indonesian Idol.

Tampil dengan kepala plontos dan suara serak yang berteknik tinggi, Husein Alatas jadi lebih mudah diingat para penonton ajang tersebut. Tidak main-main, Husein berhasil bertahan di Indonesian Idol hingga menjadi runner-up.

Sebenarnya, Husien bukan “pemain” baru dalam belantika musik rock Indonesia. Sebelum mengikuti ajang pencarian bakat, Husein sudah malang melintang di panggung-panggung rock lokal.

Ia pernah menjadi salah satu vokalis band rock bernama Log Guns, juga pernah membentuk grup band rock sendiri yang diberi nama Children of Gaza.

***

Itu tadi beberapa profil singkat musisi-musisi rock papan atas Indonesia. Dari nama-nama tersebut, adakah musisi rock Indonesia favorit kalian?

Share:

1 Comment

  1. […] Baca juga: Deretan Kisah Musisi Rock Sukses Indonesia […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: