melamar kerja

Sebelum bekerja, setiap orang pasti akan melewati tahapan paling awal, yaitu melamar kerja. Tidak melulu lulusan baru, yang sebelumnya sudah bekerja pun juga banyak melamar kerja kembali ke perusahaan lain.

Alasanya bermacam-macam, namun paling banyak adalah keinginan untuk mendapatkan peluang karir yang lebih baik.

melamar kerja
Sumber gambar: pixabay.com

Sebelum niat untuk kerja, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Karena melamar kerja bisa diibaratkan sebagai perang, dimana kita bersaing dengan puluhan bahkan ratusan orang demi memperebutkan pekerjaan di suatu perusahaan. Kebayang dong bagaimana harus berjuang melewati itu semua.

Khususnya bagi kamu yang baru saja lulus, supaya usaha kamu untuk mencari kerja berjalan mulus, yuk simak apa saja sih yang harus disiapkan sebelum melamar kerja.

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup

Kamu wajib banget mempersiapkan CV sebelum melamar kerja, karena CV merupakan gambaran ringkas mengenai pengalaman seorang pelamar kerja. Cantumkan juga kontak kamu seperti nomor ponsel dan email kamu agar mudah untuk menghubungi kamu.

Yang harus kamu perhatikan dari CV adalah jangan sampai salah ketik! Segala yang tercantum dalam CV adalah point penting dari diri kamu jadi akan repot urusannya kalau kamu sampai salah ketik.

Jangan lupa untuk membuat CV dengan tampilan yang menarik karena di sini kamu sedang bersaing untuk menarik perhatian perekrut loh.

Dokumen-dokumen penting

Beberapa perusahaan mensyaratkan untuk melampirkan kelengkapan dokumen-dokumen tertentu untuk para pelamar kerja sebagai keperluan tes administrasi.

Diantaranya yang perlu kamu siapkan yaitu fotocopy berbagai dokumen seperti adalah ijazah, transkrip nilai, KTP, surat lamaran dan sertifikat yang relevan dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Siapkan juga pas foto terbaru kamu. Meskipun tidak semua perusahaan mensyaratkan ini, tidak ada salahnya jika kamu mempunya pas foto terbaru kamu.

melamar kerja
Sumber gambar: pixabay.com

Yang juga tidak boleh kamu lewatkan adalah berbagai dokumen tersebut harus kamu scan. Kini melamar kerja pun dilakukan secara online.

Sudah banyak tersedia situs pencarian kerja yang meminta pelamar kerja untuk mengunggah dokumen dalambentuk soft file untuk mempermudah proses melamar kerja.

Selain melamar kerja melalui situs pencarian kerja, ada juga melamar kerja dengan mengirim email langsung ke perusahaan pencari kerja.

Dengan adanya soft file dari berbagai dokumen yang kamu miliki, kamu akan dengan mudah untuk mengirim lamaran kerja secara online.

Alamat email

Jika kamu rajin mencari, informasi lowongan pekerjaan, kamu akan menemukan banyak sekali di dunia maya. Dan hampir seluruhnya meminta calon karyawan yang berminat untuk mengirimkan cv beserta dokumen melalui email.

Mengirim lamaran kerja melalui email adalah pilihan yang praktis karena pelamar kerja tidak perlu mencetak dan mengirim dokumen ke perusahaan langsung karena membutuhkan waktu cukup lama.

Perlu kamu ketahui, sebelum kamu mengirim email lamaran kerja, pastikan terlebih dahulu bahwa akun email yang kamu miliki merupakan akun email formal.

Dalam hal ini, perusahaan akan menilai kesiapan dan keseriusan pelamar kerja dari alamat email yang digunakan. Sebaiknya kamu gunakanlah alamat email yang sesuai dengan nama asli kamu.

Jika kamu menggunakan alamat email asal-asalan, perusahaan tidak akan memproses lebih lanjut lamaran kerja yang telah kamu kirim.

Jadi, jangan sampai kamu kesempatan kamu bekerja dan meniti karir gagal karena hal sepele seperti alamat email yang asal.

Hal lain yang tidak boleh terlewat adalah, persiapan untuk menghadiri undangan wawancara. Wawancara kerja merupakan tahapan awal dari serangkaian proses rekrutmen dalam perusahaan.

Pada tahap ini, persiapkanlah penampilan terbaik kamu dengan outfit yang sesuai. Nah kamu bisa simak tips dari Outfitpria untuk persiapan penampilan menghadiri wawancara kerja,

Pakaian formal

Setelah dirasa seluruh persiapan untuk keperluan mengirim lamaran kerja sudah kamu siapkan, kamu jangan sampai kelewatan untuk mempersiapkan pakaian formal jika kamu mendapatkan panggilan wawancara.

Kamu akan mendapat undangan untuk melakukan wawancara dengan bagian HRD atau bahkan direktur dari perusahaan yang kamu kirimkan lamaran.

Mereka akan menilai langsung apakah kamu layak menjadi bagian dari perusahaan tersebut atau tidak.

Pada saat wawancara, tidak bisa dipungkiri jika penilain pertama adalah penampilan. Pastikan bahwa penampilanmu rapi dan sopan, sehingga kesan pertama dapat meyakinkan bahwa kamu sebagai seorang yang profesional dalam bekerja.

Supaya kamu tidak saltum alias salah kostum saat wawancara, simak tips bagaimana sih outfit yang tepat untuk wawancara kerja.

Kenakan kemeja

Karena kamu akan menghadiri wawancara kerja dengan calon atasan kamu, buatlah kesan yang menunjukan kamu seorang yang sopan.

Kemeja memiliki kesan yang formal bisa kamu pakai saat menghadiri wawancara kerja. Pilihlah kemeja dengan ukuran yang pas dengan badan kamu dan memiliki bahan yang nyaman.

Lalu bagaimana jika kamu melamar pekerjaan pada bidang kreatif seperti media dan agency? Kamu bisa tetap kenakan kemeja dengan model casual. Di sini kamu tidak perlu berpenampilan formal, yang penting tetapi terlihat sopan dan menarik.

Hindari menggunakan celana denim

Celana berbahan denim memang membuat kamu akan terlihat modis, namun tidak sesuai jika kamu pakai saat menghadiri sesi wawancara kerja.

Meski kamu melamar pada perusahaan di bidang kreatif, sebaiknya kamu kenakan celana dengan bahan lain yang tetap membuat penampilan kamu terlihat menarik. Kenakan celana dengan bahan yang tidak mudah kusut.

Warna pakaian

Pemilihan warna pada pakaian yang kamu kenakan menjadi point penting loh. Karena pemilihan warna pakaian dapat mencerminkan bagaimana karakter seseorang.

Penggunaan warna cerah mencerminkan karakter seseorang yang kuat dan dominan. Sedangkan warna lembut atau warna pastel akan mencerminkan karakter seseorang yang dapat dipercaya.

Sebaiknya jangan kenakan pakaian berwarna oranye saat wawancara kerja karena akan membuat kamu terlihat tidak profesional.

Kamu bisa pakai pakaian dengan warna biru yang merupakan warna netral karena akan mencerminkan karakter seseorang yang bertanggung jawab dan percaya diri.

Pemilihan sepatu

Saat menghadiri sesi wawancara, pemilihan sepatu dapat kamu sesuaikan dengan pakaian yang kamu kenakan.

Yang terpenting adalah, sepatu yang kamu pakai haruslah bersih. Persiapkan penampilan terbaik kamu saat wawancara.

Parfum

Outfit kamu sudah oke, jangan sampai ketinggalan untuk memakai parfum. Karena akan disayangkan kalau saat sesi wawancara berlangsung, tercium bau kurang sedap dari badan kamu.

Tim perekrut perusahaan secara tidak langsung juga menilai kebersihan kamu. Pastikan bahwa parfum yang kamu pakai aromanya tidak menyengat hidung.

Aroma yang menyengat membuat hidung orang-orang sekitar kamu merasa tidak nyaman.

Memang cukup banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum melamar kerja. Mulai dari dokumen-dokumen, hingga berbagai pakaian yang harus kamu pakai jika mendapat undangan wawancara dari perusahaan.

Kamu harus teliti jangan sampai segala yang kamu butuhkan dalam melamar kerja ada yang terlewatkan. Namun, ribet sedikit tidak menjadi masalah agar usaha kamu untuk mendapatkan pekerjaan berjalan lancar.

Selebihnya, kesuksesan kamu untuk mendapat pekerjaan tergantung dari kemampuan yang kamu miliki. Karena pasti tidak hanya kamu saja yang sedang memperebutkan posisi pekerjaan tersebut.

Tampilkan yang terbaik dari apa yang kamu miliki untuk meyakinkan bahwa kamu seorang yang profesional dalam bekerja.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: