kerja sesuai passion

Orang jaman now seringkali bilang move on untuk urusan putus cinta. Seharusnya, untuk urusan karir pun kita harus move on alias selalu berproses untuk bisa lebih maju lagi dari sebelumnya. Pernah nggak sih merasa suntuk dan stuck di karir kamu? Ayo, yang merasa lagi kaya gitu coba angkat tangannya. Ternyata, biang keladinya bisa jadi karena kita bekerja tidak dengan passion.

Gaji fantastis, latar belakang pendidikan yang sesuai dan jabatan oke ternyata bukan jaminan kebahagiaan dalam dunia karir. Bahkan, faktanya banyak yang justru merasa terperangkap dengan rutinitas pekerjaannya. Kemapanan ternyata nggak berbanding lurus sama kebahagiaan dan kenyamanan hati. Salah satu faktor utama kesuksesan dalam karir adalah adanya passion. Tidak adanya passion inilah yang membuat kita terkadang merasa berada di profesi atau bidang pekerjaan yang salah.

Sejak kecil kita diajarkan dan sediki didoktrin mengenai berbagai profesi dan mengenal berbagai bidang pekerjaan agar kita bisa menentukan cita-cita untuk masa depan. Namun, realita dan keinginan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Banyak yang baru menemukan passionnya dan masih banyak lagi yang bahkan belum tahu passion seperti apa yang mereka inginkan. Kamu tipe yang mana, guys?

Tips Menemukan Passion dalam Pekerjaan

Buat kamu yang sudah terlanjur menekuni sebuah profesi dan bidang pekerjaan yang sampai sekarang masih kamu jalanin, Outfitpria.com punya beberapa tips untuk membuatmu mencintai pekerjaanmu yang sekarang.

Pelajari Hal Baru

Terkadang, melakukan suatu pekerjaan yang sama dan berulang-ulang memang membuat kita menjadi mahir tapi sekaligus bisa menimbulkan kejenuhan. Kita tidak lagi merasakan adanya tantangan-tantangan baru dalam pekerjaan kita. Ini yang membuat kita seringkali terjebak nostalgia, ups salah ya, maksudnya terjebak rutinitas.

Coba deh diskusi sama atasan atau HRD kamu, minta project baru yang beda dari yang biasa kamu kerjain tanpa harus pindah divisi. Misalnya kamu terbiasa handle project klien Consumer Good, coba deh minta atau cari project klien Banking. Pasti kamu akan menemukan tantangan baru yang pastinya punya kadar kesulitan yang lebih menantang.

Buat Make-Over Kecil

Tahu nggak sih guys, ternyata kadang passion itu bisa kita ciptakan sendiri loh. Coba ditengok lagi area kerja kamu, berantakan dengan berbagai post-it atau dokumen yang berserakan kah? Yuk coba luangin sedikit waktu kamu untuk melakukan make over kecil di meja kerja kamu. Misalnya, kamu tipe penyayang hewan, jika memungkinkan coba deh kamu beli aquascape atau akuarium mini. Jadi, saat suntuk melanda kamu bisa break sejenak sambil mendengarkan suara gemericik air atau sekedar memperhatikan ikan-ikan hias berseliweran di aquascape kamu.

Ambil Waktu Break Sejenak

Kerja sesuai passion itu pastinya akan membuat kamu lebih produktif. Kalo memang merasa sudah sangat suntuk di kantor, nggak ada salahnya kok kita mengambil jatah cuti untuk sekedar liburan singkat. Nikmati waktu cuti kamu dengan menyenangkan diri sendiri. Kamu bisa istirahat tidur seharian tanpa mikirin kerjaan atau jalan-jalan travelling ke destinasi wisata yang selama ini jadi bucket list kamu. Jadi, saat kamu kembali ke laptop alias kembali ke rutinitas pekerjaanmu, kamu akan merasakan segar dan memiliki passion kembali.

Cari Kerja Sampingan

Nah, tips yang satu ini agak tricky nih tapi juga manjur memunculkan passion kita kembali dalam bekerja. Kuncinya, kita tetap harus bisa komitmen terhadap pekerjaan utama kita sekaligus juga profesional menjalankan kewajiban pekerjaan sampingan.

Kamu yang suka berbisnis, mungkin bisa memulai bisnis kecil-kecilan misal jualan kue kering atau brownies buatanmu sendiri melalui sosial media. Atau sekarang ini banyak sekali loh pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan sambil tetap bekerja di kantor. Salah satunya menjadi penulis lepas atau content writer. Passion yang kamu dapatkan dari pekerjaan sampingan ini harusnya sih bisa membuat kamu juga semangat untuk menjalankan profesi utamamu di kantor.

Review Milestone Karirmu

Sesekali, cobain yuk intip lagi perjalanan karir kita yang terpampang nyata di resume. Ingat lagi perjuangan kalian waktu pertama kali mendapatkan pekerjaan pertama. Bagaimana semangat dan gugupnya ketika hari pertama masuk kantor. Dijamin bakal bikin senyum-senyum sendiri mengingat semua pengalaman tersebut dan bersyukur kita bisa sampai di posisi jabatan saat ini. Kembalikan juga motivasi kamu selama ini untuk siapa atau untuk apa kamu berjuang dan bertahan merintis karir hingga saat ini.

Well, kalo semua tips tersebut sudah kamu lakukan dan kamu tetap merasa tidak bahagia bahkan cenderung merasa terjebak di pekerjaanmu sekarang, mungkin memang sudah saatnya untuk berganti kartu nama.

Kita mungkin terkadang kaget mendengar ada rekan kita yang kerja di perusahaan minyak asing, lalu berubah haluan menjadi guru TK. Karena tidak bisa dipungkiri, melakukan pekerjaan dengan passion pastinya memberikan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri.

Satu hal yang harus kita pahami, bahwa menemukan passion dalam bekerja itu ibarat kata gampang gampang susah seperti menemukan belahan jiwa. Dan, perlu digarisbawahi bahwa bekerja sesuai passion juga nggak menjamin kamu pasti menemukan kebahagiaan dalam karir. Karena pasti butuh waktu dan proses yang waktunya relatif berbeda-beda untuk setiap orang.

Minat kita terhadap suatu hal umumnya seringkali berubah seiring waktu. Belum lagi, naluri alami kita untuk mengeksplorasi hal baru. Jadi, untuk urusan karir kita nggak bisa juga deh terlalu idealis untuk bekerja sesuai passion. Tidak semua orang memiliki keberuntungan untuk bisa berada di posisi karir kita saat ini loh. Bayangin deh, makin hari persaingan kerja juga semakin kejam. Banyak orang yang mungkin mendambakan untuk memiliki karir yang mapan dan penghasilan yang stabil.

Keuntungan Bekerja Sesuai Passion

Orang yang menjalani pekerjaannya dengan passion pastinya nggak akan merasa bahwa mereka bekerja hanya karena tuntutan hidup. Tipe orang seperti ini umumnya akan berusaha untuk terus menggali potensi diri sendiri yang akan berbanding lurus dengan peningkatan yang signifikan dalam karir.

Pernah ketemu sama rekan kerja yang setiap harinya selalu terlihat sangat bersemangat dan senang melakukan pekerjaannya? Nah, itu jelas banget ciri-ciri mereka punya passion dalam bekerja. Walaupun terkadang menemukan kesulitan dan tantangan dalam pekerjaan, tapi aura positif yang mereka miliki membuat tipe orang seperti ini selalu terlihat happy mengerjakannya.

Ketika kita memutuskan untuk bekerja dengan passion, seolah-olah semesta pun ikut mendukung. Kreatifitas dan ide-ide cemerlang kita akan mengalir dengan lancar. Kamu nggak akan jadi seseorang yang hitung-hitungan kalo soal dedikasi untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Istilahnya kamu pasti akan all out! Hal ini pasti akan menjadi sebuah nilai plus loh untuk penilaian kinerjamu. Dengan vibe yang positif ini, banyak rekan kerja yang pastinya senang bekerja bersamamu.

Atasan pun nggak akan sungkan untuk mengajukan kenaikan gaji sesuai dengan performa kerjamu yang memuaskan. Wah, siap-siap jadi anak kesayangan bos deh. Jadi, menurutmu bekerja sesuai passion itu penting banget atau penting aja, guys?

 

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: