Kaos merupakan pakaian atas yang paling umum digunakan baik oleh pria maupun wanita. Jenis pakaian ini paling sering dipilih karena lebih simpel dan mudah dipadu-padankan dengan outfit apapun. Tetapi, antara kaos pria dan wanita, tentu saja ada perbedaan mendasar dari segi tampilannya.

Hal itu bisa dilihat melalui potongannya. Kaos pria terkesan punya potongan yang lebih kaku seperti huruf T, sedangkan kaos wanita punya potongan yang lebih melebar di dada, serta ada lekukannya di bagian kiri dan kanannya. Di bagian lengan, kaos pria punya potongan yang panjangnya hampir sampai ke siku, sedangkan lengan kaos wanita lebih pendek.

Selain potongannya yang punya perbedaan cukup jelas, kaos pria dan wanita secara umum juga berbeda dari sisi warna. Beberapa brand pada umumnya kerap mendesain kaos wanita dengan warna-warna yang lebih girly dari pada kaos pria.

Warna-warna muda dan terang seperti merah muda, tosca, atau kuning cocok digunakan oleh para wanita. Di sisi lain, kita bisa melihat kalau kaos pria punya warna yang lebih kaku dan tegas.

Warna-warna yang sering digunakan pria dalam memilih kaos antara lain seperti warna hitam, abu-abu, navy, atau putih.

kaos pria
Kaos pria model V-Neck berwarna putih

Diluar dari perbedaan potongan dan warna, kaos pria dan wanita punya beberapa kesamaan. Misalnya dari model potongan leher, tidak ada yang membedakan seperti apa potongan leher dari kaos pria maupun wanita.

Oleh karena itu, semua kembali pada seperti apa potongan leher kaos pada umumnya. Baik potongan leher model O-neck, V-neck, dan U-neck, semuanya umum digunakan di kaos pria maupun wanita.

Sekarang, mari beralih ke soal harga. Pun tidak ada perbedaan harga yang mencolok antara kaos pria maupun wanita. Hal itu bisa dipastikan karena semua kembali ke kualitas kaos dan seberapa hype brand kaos yang ingin dibeli.

Untuk kaos produksi lokal dengan kualitas standar, harganya bisa mulai dari 65K-200K. Jika kaos punya kualitas bagus dan berasal dari brand yang sudah sangat terkenal, harganya bisa diatas 200K bahkan sampai jutaan.

Betapa tidak, kita tahu ada kaos pria berwarna putih dengan tulisan Suprime di tengahnya bisa dihargai sampai 20 jutaan rupiah. Semua tergantung dari sejauh apa kualitas yang diinginkan dan seberapa tebal kantong masing-masing.

Kaos Pria Berbahan Katun

Nah, ada satu jenis bahan kaos pria yang sering dijual di pasaran, dan bukan tidak mungkin bahannya sama dengan kaos yang ada di dalam lemari teman-teman semua. Bahan kaos pria yang paling laris terjual adalah katun.

Bahan katun biasanya lebih halus dan dingin karena dibuat dari kapas murni. Kalau sudah lebih halus dan dingin, otomatis kaos pria berbahan katun jadi lebih nyaman dibandingkan dengan bahan kaos lain.

Untuk harga pun, kaos pria berbahan katun relatif lebih mahal dengan kaos pria berbahan lain.

Bahan katun sendiri punya beberapa varian. Bagi yang sering mendengar combed 20s, 24s dan 30s, maka itu sudah pasti adalah salah satu varian bahan kaos yang terbuat dari katun, atau yang sering disebut katun combed. Semakin tinggi angkanya, semakin tipis kaosnya.

Ada pula bahan katun yang punya kualitas di atas rata-rata alias premium. Katun premium yang cukup dikenal antara lain adalah katun bamboo, katun modal, dan katun supima.

Katun Bamboo

Kita mulai dari bahan katun bamboo. Dari namanya, bahan katun ini merupakan campuran antara katun dengan serat bamboo atau bambu (dalam bahasa Indonesia).

Keunggulan kaos pria dari bahan campuran katun dan bambu antara lain adalah lebih ringan, lebih lembut, lebih awet, hingga lebih ramah lingkungan.

Nggak salah dengar kok, kaos pria berbahan katun bambu bisa ramah lingkungan karena bahan dasarnya juga berasal dari tumbuhan alami sehingga mudah di daur ulang. Keren, kan?

Katun Modal

Kalau katun bamboo berasal dari campuran pohon bambu, maka katun modal adalah kaos berbahan campuran dari serat pohon beech.

Sama-sama premium, karena kaos pria berbahan katun modal juga lebih ringan, lembut, dan adem ketika dipakai.

Katun Supima

Untuk menjelaskan mengapa kaos pria berbahan katun supima masuk klasifikasi katun premium, itu karena katun supima berasal dari serat kapas paling langka di dunia.

Kaos pria berbahan katun supima saat ini digunakan oleh berbagai brand kaos ternama di dunia. Keunggulan yang paling terlihat dari bahan kaos ini adalah kainnya yang lembut dan memiliki warna yang jauh lebih bagus.

Katun Pique

Kaos pria berbahan katun pique adalah bahan kaos yang biasa kita temui di kaos-kaos polo.

Kaos polo pria biasanya menggunakan bahan katun pique karena ciri kainnya yang memiliki pori.

Adapun kain berbahan lacoste yang biasa digunakan sebagai bahan kaos polo adalah merupakan cabang dari kaos berbahan katun pique.

Katun Viscose

Katun Viscose merupakan salah satu jenis bahan kaos katun yang biasa digunakan dalam produksi kaos pria. Namun, bahan ini tidak seratus persen katun murni, melainkan campuran antara katun dan bahan sintetis polyester.

Katun viscose menjadi salah satu jenis katun karena komposisi katunnya lebih banyak daripada polyester.

Katun Tetteron

Sama seperti jenis katun viscose, katun tetteron juga merupakan kombinasi antara bahan katun dengan polyester. Tetapi, yang membedakan keduanya adalah komposisi campurannya.

Pada jenis katun tetteron, komposisi polyester lebih besar dibandingkan dengan katunnya. Ini yang membuat kaos pria berbahan katun tetteron kalah nyaman dibandingkan saudaranya, katun viscose.

Karena komposisi bahan katunnya lebih sedikit, kaos pria berbahan katun tetteron jadi lebih panas dibandingan kaos pria berbahan katun viscose.

Katun Carden

Diawal sudah disinggung sedikit soal katun combed, maka bahan katun yang satu ini adalah “adik” dari katun combed itu sendiri.

Perbedaan yang paling mendasar antara katun combed dengan katun carden adalah seratnya. Katun carden memiliki serat yang tidak serapi katun combed.

Dari segi harga, katun carden juga lebih murah. Walaupun secara kualitas katun carden masih dibawah katun combed, tetapi kaos pria berbahan ini masih saja dicari karena harganya yang relatif lebih murah.

Kombinasi outfit pria yang cocok dipadukan dengan kaos

Sudah rahasia umum kalau kaos pria sangat cocok dan mudah dipadu-padankan dengan berbagai outfit. Sekarang, mari kita kombinasikan kaos pria dengan berbagai varian outfit yang patut dicoba:

  1. Baju kaos, celana jeans, sneakers
  2. Baju kaos, chino, sneakers
  3. Baju kaos, kemeja flannel, jeans/chino, sneakers
  4. Baju kaos, jeans/chino, sneakers, baseball cap
  5. Baju kaos, chino pendek, sneakers

Rekomendasi tempat beli kaos pria

Berikut adalah beberapa toko yang dapat dijadikan pilihan untuk membeli kaos pria kualitas terbaik:

3 Second Store

Bandung Indah Plaza, Jl. Merdeka, Citarum, Bandung, Jawa Barat

Wadezig! Store

Jl. Raya Condet No. 158a, Batu Ampar, Kec. Kramat Jati, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

Gareng T-Shirt Store

Jl. Sosrowijayan No. 19, Sosromenduran, Gedong Tangen, Yogyakarta, DIY

***

Nah, tidak ada salahnya teman-teman semua untuk menambah koleksi kaos pria yang berbahan katun. Untuk gaya dan kualitas, tergantung selera dan budget masing-masing. Kaos pria berbahan katun patut dikoleksi karena kainnya yang nyaman dan menyerap keringat. Sangat cocok digunakan untuk pakaian sehari-hari maupun untuk ngedate bersama kekasih tercinta, lho.

Share:

3 Comments

  1. […] Baca juga: 7 Variasi Jenis Bahan Kaos Pria, yang Mana Favoritmu? […]

  2. […] Baca juga: 7 Variasi Jenis Bahan Kaos, yang Mana Favoritmu? […]

  3. […] Baca juga: 7 Variasi Jenis Bahan Kaos Pria, yang Mana Favoritmu? […]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: