Kaos distro saat ini sangat identik dengan tren fashion kawula muda. Ketika mendengar kata distro, maka yang langsung terpikirkan adalah produk pakaian yang punya desain keren dan sarat makna filosofis.

Lalu, seperti apa kaos distro keren itu? Jangan buru-buru. Mari kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan distro.

Sumber: pexels.com

Kita sering mendengar istilah distro, tetapi mungkin masih banyak yang tidak tahu kalau sebenarnya distro ada kepanjangannya. Nah, anda belum tahu? Tenang, outfitpria.com akan menjelaskannya kepada anda.

Distro sendiri adalah singkatan dari distribution store atau toko distribusi. Artinya, bisa dikatakan bahwa distro merupakan toko atau outlet yang mendistribusikan barang-barang hasil produksi pabrik.

Dengan begitu, distro pada dasarnya memiliki cakupan yang sangat luas. Toko, mall, pusat perbelanjaan dan sejenisnya yang menjual barang hasil pabrikan, semuanya bisa disebut distro.

Toko-toko yang menjual makanan, barang elektronik, maupun pakaian, semua juga termasuk bagian dari distro.

Sekarang, istilah distro seakan menyempit pada satu jenis barang dagangan saja, yaitu pakaian. Tidak bisa dipungkiri, seiring dengan perkembangan tren dunia fashion, kita jadi sering mendengar satu jenis pakaian yang bernama kaos distro.

Oleh karena itu, kaos distro sekarang tak sesederhana pengertian distro itu sendiri, pun tidak lagi cuma sekadar sehelai kaos.

Untuk lebih jelasnya, simak ciri-ciri yang erat dengan kaos distro seperti berikut ini.

Pertama, kaos distro masuk dalam iklim usaha kreatif anak muda.

Banyak anak-anak muda dari berbagai kalangan ikut tertarik memasuki bisnis produksi kaos distro demi menyalurkan kreatifitasnya.

Kreatifitas yang disalurkan bisa kepada nama brand, desain, dan pesan filosofis apa yang ingin disampaikan secara keseluruhan.

Ya, kebanyak para designer maupun pelaku usaha kaos distro punya pesan-pesan tersendiri. Hal ini membuat kaos distro menjadi kaos yang keren karena ada idealis yang ingin disampaikan.

Untuk memulai usaha ini pun tidak perlu modal yang besar, karena banyak juga perintis usaha di bidang ini yang memulai usahanya dalam skala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Anak-anak muda ini bahkan bisa mengiklankan produk distronya hanya melalui foto desain kaos yang dipajang di media sosial terlebih dahulu. Setelah itu mereka tinggal membuka sistem PO alias Pre Order dalam pemesanannya.

Kedua, biasanya kaos distro diproduksi secara terbatas.

Anak-anak muda yang terjun ke bisnis ini kebanyakan punya trik khusus agar kaos distronya memiliki nilai jual yang lebih. Mereka biasanya memproduksi kaos distro ini secara terbatas atau yang kita kenal dengan istilah limited edition.

Tak heran, kaos distro limited edition ini memiliki desain dan pesan filosofis yang khusus. Brand distro yang sudah terkenal bahkan bisa mematok harga sampai jutaan rupiah untuk kaos distro limited edition keluaran mereka.

Ketiga, kaos distro ada genrenya.

Bukan cuma musik yang punya genre, kaos distro pun tak mau kalah. Hal ini berkaitan dengan idealis si pemilik usahanya yang beragam.

Misalnya, seorang musisi yang terjun ke usaha kaos distro akan menyampaikan pesan-pesan yang berbau musik di dalam desain kaosnya. Berbagai artis yang mulai ikut terjun ke bisnis ini, tentu juga punya idealis masing-masing.

Hal ini membuat genre pada kaos distro keren menjadi beragam. Ada yang bergenre klasik, cute, anak motor, punk, rock, hingga hardcore. Persaingan dalam bisnis kaos distro pun menjadi semakin ketat.

Artis dan kaos distro

Ngomong-ngomong soal artis, sudah banyak artis atau public figure yang ikut ambil bagian dalam bisnis kaos distro ini.

Nama yang sudah terkenal, memiliki banyak fans, hingga pasar brand distro yang terus meluas, membuat para artis ini semakin mantap untuk bergelut di bisnis distro.

Andil artis-artis ini bukan cuma sebagai pelaku usaha dari brand-nya saja, tetapi juga sering didapuk sebagai brand ambassador.

Berikut beberapa artis yang identik dengan kaos distro yang dirangkum oleh outfitpria.com:

David Bayu: Unionwell

Unionwell adalah brand kaos distro yang dirintis oleh vokalis band Naif, David Bayu. Brand ini sudah ia rintis sejak tahun 2013. Unionwell memiliki tema motor klasik dan dibuat secara handmade. Saat ini Unionwell sudah diminati hingga mancanegara.

Sumber: pinterest.com

Daniel Mananta: Damn I Love Indonesia

Berbicara idealis, Damn I Love Indonesia adalah brand distro berkonsep nasionalis milik presenter ternama Indonesia, Daniel Mananta. Brand ini sangat identik dengan Indonesia, sebuah konsep yang sangat ingin diwujudkan oleh Daniel Mananta sejak lama. Harganya pun cukup terjangkau, berkisar di 200 sampai 300 ribu rupiah.

Sumber: pinterest.com

Eno: Racerkids

Siapa yang tak kenal drummer dari band Netral ini. Eno, ternyata sudah cukup lama merintis usaha distronya yang ia beri nama Racerkids. Racerkids punya arti tersendiri, yang bisa dimaknai sebagai anak muda yang gigih dan siap bertarung kapan saja. Menurut Eno, filosofi dari Racerkids sangat sesuai dengan dirinya.

Rio Dewanto: Hunted

Rio Dewanto merupakan salah satu aktor terbaik yang dimiliki Indonesia. Bermacam karakter dari berbagai film sudah ia perankan dengan sangat apik. Tapi banyak yang masih belum tahu kalau Rio Dewanto punya bisnis distro sendiri dengan brand bernama Hunted.

Baca juga: Model Kaos Favorit Pria Keren yang Wajib Kamu Ketahui

Berawal dari sebuah outlet di kota Bandung, Rio berharap brand-nya bisa diburu oleh banyak orang, sesuai dengan arti namanya yang berarti “diburu”.

Ariel Noah: Greenlight

Ariel, vokalis band Noah, memang punya daya pikat tersendiri. Dikenal punya gaya berpakainnya yang sering dijadikan kiblat fashion kaum pria, Ariel sukses didaulat sebagai brand ambassador salah satu brand distro ternama asal Bandung, Greenlight.

Memang bukan sebagai pemilik bisnis, tetapi Ariel dan Greenlight punya keterkaitan yang sangat erat. Memang, Ariel sangat cocok dalam mempresentasikan konsep yang diangkat oleh Greenlight dalam desain-desainnya: misterius dan elegan. Bersama Ariel Noah, kaos distro Greenlight semakin laris dipasaran.

***

Distro sebagai bagian dari produk fashion semakin digemari anak-anak muda karena mewakili jati diri mereka. Jati diri tersebut terwakili oleh pesan yang ingin disampaikan si pemilik brand melalui nama, desain, dan genre yang diangkat.

Pangsa pasar yang memang diperuntukkan untuk anak-anak muda ini menjadikan persaingan antar brand distro menjadi sangat ketat. Dampak baiknya, harga yang beredar di pasaran pun juga ikut bersaing bagi para konsumen muda ini.

Melalui kaos distro, tren dunia fashion pada akhirnya tidak hanya dinilai soal tampilannya saja, tetapi juga soal makna filosofis dari keseluruhan brand itu sendiri.

Terlebih, terjunnya public figure seperti para artis dalam bisnis kaos distro ini semakin menambah pangsa pasar peminat kaos distro keren. Tidak sedikit orang yang membeli kaos distro karena sosok si public figure atau artis yang mereka idolai.

Kesimpulannya, kaos distro keren sekarang ini adalah representatif dari kawula muda itu sendiri.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: