Bagaimana jadinya jika pekerjaan masih menumpuk, materi belum terkumpul, dan deadline sudah semakin dekat?

Ditambah lagi, kalau laptop atau koneksi internet lagi bermasalah. Sisa waktu yang gak banyak bikin kamu jadi stres dan kepala rasanya ingin meledak!

pekerjaan terkait deadline
Sumber gambar: pixabay.com

Tak jarang lembur satu-satunya pilihan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan sebelum deadline, meski hanya beberapa menit saja.

Kondisi seperti ini tidak bisa dihindari oleh pekerja yang pekerjaannya berhubungan dengan tenggang waktu atau deadline.

Kira-kira pekerjaan apa saja ya yang berhubungan dengan deadline? Atau pekerjaan kamu kah salah satunya? Yuk simak artikel ini sampai tuntas!

Editor

Pekerjaan seorang editor tidak dapat terlepas dari deadline. Baik itu editor untuk sebuah tulisan hingga editor video.

Editor memiliki tugas utama untuk memperbaiki dan menerbitkan naskah, gambar, atau video. Tiap project yang dikerjakan editor memiliki deadline yang telah disepakati bersama dengan berbagai pihak hingga project tersebut terbit atau tayang.

Editor akan menerima data atau materi mentah dari anggota tim lain untuk diolah dan harus diselesaikan sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

Kendala yang biasa dihadapi editor biasanya data atau materi yang diberikan begitu mepet dengan deadline atau bahkan belum siap, sehingga editor harus segera menyelesaikannya.

Dosen atau Guru

Siapa bilang pekerjaan sebagai pengajar merupakan pekerjaan yang santai?

Seorang guru dan juga dosen pun tak luput dari kejaran deadline. Tidak hanya bertugas mengajar, guru dan dosen memiliki waktu tenggang untuk menyelesaikan materi yang diajarkan kepada siswa sesuai kurikulum.

Belum lagi deadline mempersiapkan bahan-bahan soal ujian, hingga input nilai.

Karena tahun ajaran pendidikan telah ditentukan, makan guru dan dosen harus memanfaat waktu tersebut untuk menyelesaikan tugas-tugasnya sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Yang menjadi kendala dalam pekerjaan seorang pengajar seperti guru dan dosen biasanya siswa yang jarang hadir sehingga nilai dan pencapaian materinya kurang, belum lagi terkendala hari libur sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas menjadi lebih singkat.

Akuntan

Tugas seorang akuntan adalah membuat catatan keuangan, membuat laporan keuangan, hingga memastikan pajak dibayar tepat waktu.

Setiap harinya akuntan akan mencatat pemasukan dan pengeluaran pada perusahaan yang nantinya akan dibuat laporan keuangan bulanan.

Akhir bulan menjadi deadline akuntan karena laporan keuangan harus selesai tepat waktu.

pekerjaan berkaitan deadline
Sumber gambar: pixabay.com

Diperlukan ketelitian bagi seorang akuntan karena dalam melakukan pencatatan keuangan, jangan sampai ada pemasukan atau pengeluaran yang terlewat.

Jika tidak sesuai, dapat mengakibatkan nominal uang yang tercatat tidak sesuai dengan aslinya. Semua harus diselesaikan dalam bentuk laporan sebelum deadline.

Jurnalis

Jurnalis atau wartawan memiliki tugas dalam mencari berita dan melakukan peliputan yang kemudian hasil dari peliputan tersebut diserahkan pada bagian redaksi untuk diolah.

Bagi wartawan koran harian, mereka melakukan liputan sesuai arahan dari koordinator. Setelah berbagai liputan selesai, wartawan akan menulis hasil dari liputan yang telah dilakukan, kemudian menyerahkan hasil peliputan sebelum malam hari.

Hasil liputan berita yang didapat akan disunting secepatnya untuk dilakukan pencetakan koran pada malam hari.

Pencetakan koran harus selesai pada dini hari supaya koran-koran dengan berita terkini harus sudah siap untuk diedarkan dan diterima pembaca pada pagi harinya.

Seorang wartawan pun dituntut bersedia melakukan liputan kapan saja jika terjadi suatu insiden agar dapat sesegera mungkin diberitakan kepada masyarakat.

Desainer Visual

Baik yang bekerja di perusahaan atau pekerja lepas, desainer visual mendapatkan tugas untuk membuat berbagai desain berupa gambar untuk pemasaran jasa atau produk dengan cara unik yang kreatif.

Dengan begitu, desainer ditantang untuk membuat karya yang menarik agar pada pemasaran jasa atau produk mampu bersaing dalam penjualannya.

Desainer akan mendapatkan batas waktu tenggang untuk menyelesaikan karyanya sesuai dengan apa yang diminta perusahaan atau klien.

Namun sayangnya, yang menjadi kendala setiap desainer adalah perusahaan atau klien meminta revisi pada desain yang telah dibuat. Dengan deadline yang tidak bisa dirubah, membuat desainer harus lembur untuk menyelesaikan karyanya.

Penerjemah

Penerjemah atau biasa disebut translator merupakan seseorang atau tim yang memiliki kemampuan menguasai lebih dari satu bahasa.

Penerjemah memiliki tugas berupa menerjemahkan suatu file atau data dari satu bahasa ke bahasa lainnya berdasarkan permintaan klien atau perusahaan dimana ia bekerja.

Penerjemah biasanya diminta untuk menerjemahkan surat-surat, laporan, dan artikel kemudian ditulis kembali salinannya.

pekerjaan terkait deadline
Sumber gambar: pixabay.com

Klien atau perusahaan akan memberikan batas waktu pada penerjemah untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Bukanlah hal yang mudah untuk menerjemahkan suatu kata dari bahasa ke bahasa lain dengan tepat dan mudah dipahami.

Namun, batas waktu yang telah ditentukan membuat penerjemah harus menyelesaikannya dengan cepat dan tepat.

Pilot

Dalam suatu penerbangan, pilot bertugas mengemudikan pesawat. Dalam tugasnya, selama penerbagan berlangsung, pilot akan mengikuti jalur-jalur penerbangan yang telah terprogram melalui sistem navigasi pesawat.

Pilot akan mendapat arahan informasi yang diberikan oleh menara kontrol lalu-lintas udara di bandar udara.

Namun, meskipun telah mendapatkan arahan, pilot memiliki batas waktu penerbangan karena jadwal penerbangan pada tiap bandar udara telah ditentukan.

Pilot akan merasa stres jika saat penerbangan terjadi perubahan cuaca atau insiden tertentu yang mengakibatkan terlambatnya pesawat untuk mendarat.

Sebab, jika pesawat yang dikendalikan terlambat mendarat akan menyebabkan perubahan jadwal pada penerbangan setelahnya.

HRD

HRD merupakan singkatan dari Human Resources Development yang dapat diartikan manajemen sumber daya manusia (karyawan).

Dengan begitu, HRD memiliki tugas seperti Training, rekrutmen dan seleksi karyawan, General Affair, dan lainnya.

Banyaknya tanggung jawab yang harus dikerjakan HRD tidak lepas dari deadline. Salah satu tugas HRD yang berhubungan dengan deadline adalah pada saat rekrutmen karyawan baru.

Pada proses ini, telah ditentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapat karyawan baru yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Namun, mencari karyawan baru tidaklah mudah. HRD harus melakukan serangkaian tes dan seleksi yang membutuhkan waktu tidak sebentar.

Jika perusahaan sedang dalam keadaan urgent membutuhkan tambahan karyawan, HRD diminta untuk secepat mungkin mendapatkan sebelum deadline.

Pekerjaan di berbagai bidang pasti akan ada yang berkaitan dengan deadline. Deadline bukanlah hal yang menakutkan.

Anggaplah itu sebagai tantangan yang harus kamu lewati untuk agar kamu pekerja yang lebih profesional lagi. Jangan jadikan deadline sebagai tekanan yang malah membuat kamu stres.

Hindari menunda-nunda pekerjaan. Tetap fokus pada pekerjaan yang sedang kamu kerjakan agar dapat selesai tepat waktu tanpa harus lembur.

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan rekan kerja lain atau mungkin atasan kamu jika kamu mengalami kesulitan.

Kerja sama tim juga perlu dibangun untuk meringankan beban kerja tanpa takut dengan deadline. Ciptakan suasana kerja yang nyaman agar pekerjaan kamu dapat terselesaikan tepat waktu.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X
%d blogger menyukai ini: